Beranda Pemerintahan Peringati HPSN, Bupati Lebak Apel di TPA Dengung

Peringati HPSN, Bupati Lebak Apel di TPA Dengung

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.

LEBAK – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dan Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi menghadiri apel dalam rangka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Dengung di Kampung Dengung, Kecamatan Sajira, Lebak, Banten, Jumat (22/2/2019).

Di hadapan peserta apel, Bupati Lebak yang juga menjadi Inspektur Upacara mengingatkan bahwa peringatan HPSN ini untuk mengenang bahwa pada 21 Februari 2005 terjadi longsoran TPSA Leuwigajah yang menewaskan 157 jiwa melayang dan dua kampung tertimbun.

“Alhamdulillah berkat intregitas dan kerja keras seluruh pihak, setelah 26 tahun, akhirnya Lebak kembali meraih Piala Adipura dengan kesungguhan kita menjadikan Lebak sebagai daerah yang bersih dan sehat yang menjadi cerminan implementasi kita terhadap program Lebak Sehat,” ungkap Bupati Lebak.

Iti juga mengimbau masyarakat agar meningkatkan kepedulian dan terus menjaga kebersihan daerahnya masing-masing salah satunya dengan memanfaatkan Bank Sampah dan tidak membuang sampah dan buang air sembarang yang dapat mencemari lingkungan.

“Kita selaku Aparatur Sipil Negara yang juga duta pembangunan harus mencontohkan kepada masyarakat tentang peduli sampah,”  ujar Iti.

Iti juga mengucapkan terimaksih kepada seluruh elemen yang terus berkomitmen bersama-sama Pemkab Lebak dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Senada dengan Bupati, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebak, Nana Sudjana juga berharap masyarakat lebih peduli terhadap pengelolaan sampah dengan memilah sampah organik dan non organik yang dapat dimanfaatkan menjadi nilai ekonomi melalui Bank Sampah.

“Sesuai dengan Perda Nomor 4 Tahun 2018 tentang pengelolaan sampah dimana di dalam perda itu desa wajib mengelelola sampah dengan cara menyediakan sarana juga personel dan bank sampah, dan desa juga wajib membuat peraturan desa terkait pengelolaan sampah,” ujarnya. (Ali/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini