Beranda Pemerintahan Peringati Hari Lingkungan Hidup Tiap Tahun, Edi Ariadi : Kalau Adipura itu...

Peringati Hari Lingkungan Hidup Tiap Tahun, Edi Ariadi : Kalau Adipura itu Dapatnya di Mimpi

Peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia oleh DLH Cilegon. (Foto : Gilang)

CILEGON – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon menggelar peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di halaman kantor Walikota Cilegon, Rabu (12/9/2018). Sayangnya event yang dihelat setiap tahunnya dengan APBD Kota Cilegon ini masih sebatas seremonial, tak kunjung berujung pada raihan penghargaan lingkungan, seperti Adipura yang masih sebatas menjadi impian Pemkot Cilegon.

“Adipura itu dapatnya dalam mimpi. Karena ada penilaiannya dia (Adipura). Titik pantaunya (tim penilai Adipura) sudah kita benahi, tapi kadang-kadang beda. Misalnya titik pantaunya sudah kita siapin disini, dia malah lari kesini. Makanya saya biarkan saja, mau dapat nilai berapa ya memang kondisi kita seperti itu,” ungkap Plt Walikota Cilegon, Edi Ariadi usai menghadiri acara itu.

Dalam momentum itu, kata dia, diharapkan dapat menjadi kesempatan untuk kejelasan uraian tugas jabatan (UTJ) dan tanggung jawab dari seluruh bidang dan OPD dalam membangun kerja sama tim.

“Urain tugasnya itu malah mau saya ubah, supaya ngga ada saling ego lagi antar OPD. Ini sampah, urusan siapa. Ini pasar, urusan siapa. UTJ-nya mau diubah sama saya, sampah itu bagian siapa dan yang lainnya bagian siapa,” imbuhnya.

Peluang dan kesempatan Kota Cilegon untuk mendapatkan penghargaan Adipura tahun 2018 ini masih menjadi tanda tanya. Terlebih hingga saat ini realisasi kerja tim penilai dari Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup Regional Jawa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) itu dalam tahap pemantauan kedua (P2) periode 26 Februari sampai 23 Maret lalu itu hingga saat ini tidak ada kejelasan.

Terpisah, Kepala Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLHKota Cilegon, Edi Suhadi tidak menampik bahwa event tersebut merupakan agenda tahunan yang sudah berjalan di DLH Cilegon.

“Memang acara ini (peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia) setiap tahun ada di kita. Tapi anggarannya juga terus turun dari tahun lalu. Paling cuma Rp50 jutaan, ngga cukup. Makanya kita juga meminta bantuan dari industri di Cilegon untuk mendukung acara ini,” katanya. (dev/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini