Beranda Peristiwa Peringati Hari Kesehatan Nasional ke-55, LKC Banten Layani 480 Penerima Manfaat

Peringati Hari Kesehatan Nasional ke-55, LKC Banten Layani 480 Penerima Manfaat

Foto istimewa

TANGERANG – Bertepatan Hari Kesehatan Nasional yang ke-55, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Banten menggelar sejumlah rangkaian kegiatan antara lain  melaksanakan  senam Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) di Klinik Dompet Dhuafa , serta  Penyuluhan kesehatan di Pos Sehat binaan LKC Dompet Dhuafa Banten.

Sifing Lestari selaku Pelaksana tugas Direktur Layanan Kesehatan Cuma Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Banten menjelaskan rangkaian kegiatan ini harus selaras dengan tema yang diangkat oleh Pemerintah yaitu Generasi Sehat, Indonesia Unggul.

“Tema yang diangkat tahun ini kan Generasi Sehat, Indonesia Unggul. Jadi dalam rangkaian kegiatan kali ini, kami memberikan penyuluhan kesehatan ibu dan anak di kawasan sehat Dompet Dhuafa, untuk menciptakan generasi yang sehat, kemudian kami juga ada program kebun sehat keluarga yang sedang berjalan, lalu nanti ada pencanangan program sehat sanitasi di wilayah Serang. Nanti akan kita canangkan program untuk konseling pendampingan bagi seluruh keluarga member, khususnya yang memiliki anak di bawah dua tahun, supaya mendapatkan asi ekslusif selama dua tahun,” ujarnya, Rabu (13/11/2019).

Hari Kesehatan Nasional sendiri bertujuan untuk mengajak masyarakat agar memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat. Peringatan HKN Dompet Dhuafa menargetkan 480 penerima manfaat dari berbagai kegiatan.

“Ikut kegiatan senam dan pemeriksaan tadi. Senang hari ini bisa diperiksa gratis, jadi bisa ketahuan ukuran gula darahnya” ungkap Sukamti (64th) penerima manfaat dalam program tersebut.

“Hari Kesehatan Nasional ke-55 akan menjadi ajang LKC Dompet Dhuafa mendeklarasikan Kampung Sehati di daerah Cipocok Jaya, Serang, Banten, deklarasi kampung sehati merupakan bentuk apresiasi LKC Dompet Dhuafa Banten terhadap warga yang telah berubah pola sanitasinya dari Buang Air Besar sembarangan menjadi Stop Buang Air Sembarang di satu kampung. Kami akan mengadakan juga pelatihan jejaring Respon Darurat Kesehatan untuk wilayah terpencil di Banten, tepatnya tanggal 20 di Serang, Rumah Sakit Ahmad Wardi ” ungkap Danan Panggih Wisastra selaku Program LKC Dompet Dhuafa Banten.

Pada momentum ini Layanan Kesehatan Cuma – Cuma  Dompet Dhuafa juga mencanangkan program konseling pendampingan bagi seluruh keluarga member yang memiliki anak di bawah 2 tahun. LKC Dompet Dhuafa Banten juga mengadakan kegiatan lain yang berhubungan dengan program Respon Darurat Kesehatan (RDK) dengan  mengadakan kegiatan Pelatihan Dasar Ambulance Gawat Darurat untuk Driver dan Penunjang.

Rini Indriani selaku Penanggung Jawab Rangkaian Kegiatan LKC Dompet Dhuafa Banten menjelaskan secara detail tanggal kegiatan rangkaian kegiatannya.

“Ada Prolanis, yang sudah dilaksanakan tanggal 12 November 2019, lalu nanti akan ada Penyuluhan di Pos Sehat Binaan LKC Dompet Dhuafa dari tanggal 13 sampai 21 November 2019, ada juga deklarasi kampung sehati di tanggal 18 November, dan pelatihan ambulance RDK tanggal 20 November 2019. Dan Acara akbarnya nanti di tanggal 23 November 2019, akan diadakan senam massal, kemudian screening diabetes melitus dan pemeriksan hipertensi,” ujarnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini