Beranda Budaya Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Penggiat Budaya Gelar Kirab Merah Putih di Pandeglang

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Penggiat Budaya Gelar Kirab Merah Putih di Pandeglang

Acara kirab merah putih di Kabupaten Pandeglang. (Memed/bantennews)

PANDEGLANG – Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, penggiat budaya di Provinsi Banten menggelar kirab merah putih di Lapangan Sepak Bola Kampung Kadumaria, Desa Mandalawangi, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Acara kirab tersebut membentang 1 bendera dengan ukuran panjang 1001 meter dan 7 bendera sepanjang 101 meter memenuhi area lapangan sepak bola. Sebelum dibentangkan di lapangan, bendera dengan panjang 1001 meter diarak terlebih dahulu oleh peserta kirab.

Acara ini dihadiri oleh tokoh lintas agama dan instansi diantaranya Danrem 064 Maulana Yusuf Banten, Sultan Banten RTB Hendra Bambang Wisanggeni, Panglima Siuk Langit dari suku Dayak, serta pemangku adat nusantara lainya.

Tokoh budaya di Banten sekaligus Ketua Umum Paguron Jalak Banten Nusantara (BJBN), Tb Sangadiah mengatakan bahwa kirab bendera ini merupakan bukti kecintaan terhadap NKRI dari masyarakat Banten.

“Kami juga ingin menunjukkan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa Banten ini sangat cinta NKRI sebagai contohnya acara yang digelar hari ini,” kata pria yang akrab disapa Abah ini, Minggu (2/10/2023).

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Ratu Anita Tristiawati menegaskan bahwa kegiatan ini juga bertujuan menunjukan komitmen masyarakat Banten pada keharmonisan hidup berbangsa.

Ia juga menyampaikan bahwa pesan dari acara ini yakni menumbuhkan rasa kecintaan terhadap NKRI dan jangan sampai melupakan sejarah.

“Kita ingin membangkitkan ruh kebangsaan dan cinta tanah air dari muda mudi di tanah Banten ini. Yang terlibat acara ini dari lintas organisasi, pelajar, agama, instansi. Untuk jumlah peserta yang hadir sekitar 7.000 orang,” terangnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini rencananya akan rutin digelar setiap tahun dengan lokasi yang berbeda yang ada di daerah Banten.

“Melihat antusias masyarakat dan peserta yang mengikuti kegiatan ini kami berencana akan rutin menggelar kegiatan yang serupa setiap satu tahun sekali,” tutupnya. (Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini