Beranda Kesehatan Peringatan Hari Ibu ke-94 Kota Tangerang Gelar Skrining Faktor Risiko PTM dan...

Peringatan Hari Ibu ke-94 Kota Tangerang Gelar Skrining Faktor Risiko PTM dan Kesehatan Mental

Posko Skrining Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Kesehatan Mental, yang berlangsung di Plaza Puspem Kota Tangerang, Selasa (20/12/2022).

TANGERANG – Dalam rangka Peringatan Hari Ibu ke-94 tingkat Kota Tangerang, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) membuka Posko Skrining Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Kesehatan Mental, yang berlangsung di Plaza Puspem Kota Tangerang, Selasa (20/12/2022).

Diketahui, dalam Posko Skrining ini Dinkes menurunkan 10 petugas, tiga diantaranya adalah dokter untuk memberikan layanan konsultasi lebih lanjut. Selain itu, tersedia layanan pengecekan penyakit gula, tensi hingga kolestetol untuk usia 50 tahun keatas.

Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni mengungkapkan lewat layanan ini masyarakat dapat melakukan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) utama meliputi merokok, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, konsumsi minuman beralkohol, hipertensi, hiperglikemi dan hiperkolesterol.

“Selain itu, menindaklanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan. Dalam layanan, ada dokter yang dikerahkan untuk memberikan resep atau rujukan jika dibutuhkan layanan yang lebih lanjut,” ungkap dr Dini.

Kata dr Dini, layanan cek kesehatan gratis ini cukup diburu para tamu undangan dan didominasi para pegawai Pemkot Tangerang. “Banyak dari mereka yang ingin memastikan kondisi fisik mereka. Karena layanan dibuka di Puspem sehingga dekat dan mudah untuk mereka jangkau,” katanya.

Lanjutnya, jika ada layanan cek kesehatan gratis dimana pun, ada baiknya dimanfaatkan masyarakat. Pasalnya, dengan layanan konsultasi kesehatan gratis seperti ini dapat mengetahui lebih dini terhadap kondisi fisik yang perlu ditangani sejak dini dan meminimalisir penyakit yang tidak diinginkan.

“Kebanyakan pada takut, ragu atau bahkan malas. Kalau bisa masyarakat Kota Tangerang lebih sering memanfaatkan layanan seperti ini, demi kesehatan diri sendiri lewat orang-orang yang memang profesional dibidang kesehatan yaitu para dokter terbaik Kota Tangerang,” imbau dr Dini.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ