Beranda Kesehatan Perhatikan Hal Ini Sebelum Berolahraga Supaya Tidak Membahayakan Jantung

Perhatikan Hal Ini Sebelum Berolahraga Supaya Tidak Membahayakan Jantung

Aktivitas SHAGA Runners Point - foto istimewa

Membiasakan pola hidup sehat dengan berolahraga bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung sejak dini.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum berolahraga agar tidak malah membahayakan kesehatan jantung.

Dokter spesialis kedokteran olahraga dr Zaini K Saragih, SpKO, mengatakan bahwa selain pemanasan, mengukur detak jantung juga penting dilakukan sebelum melakukan olahraga. Tujuannya untuk tahu seberapa keras jantung kisa bisa bekerja.

“Sebelum olahraga, kita harus ukur heart rate masing-masing. Harus di bawah 100 (kali per menit),” ujarnya dilansir detik.com.

Dalam wawancara yang berbeda, menurut spesialis jantung dr Vito A. Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA dari RS Siloam Karawaci kesalahan yang sering dilakukan orang-orang adalah memaksakan diri berolahraga berat. Hal ini malah berisiko memicu serangan jantung.

Sebelum berolahraga pastikan anda tidak dalam kondisi gangguan pada jantung. Rutin check up ke dokter merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Agar jantung anda selalu sehat, yuk bergabung di acara Jakarta Heart Bike 2019 yang diselenggarakan oleh Yayasan Jantung Indonesia pada Minggu, 29 September 2019 dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia. Langsung saja daftarkan diri melalui link pendaftaran ini.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini