Beranda Kesehatan Perhatikan Batasan Usia Untuk Pemberian Vaksin HPV

Perhatikan Batasan Usia Untuk Pemberian Vaksin HPV

Ilustrasi - foto istimewa

SERANG – Vaksin Human Papillomavirus (HPV) merupakan salah satu vaksin yang sangat dianjurkan untuk diberikan kepada perempuan. Vaksinasi ini efektif melindungi dari infeksi yang dapat menyebabkan kanker serviks, vulva, vagina, anus, dan orofaring (bagian tenggorokan yang terletak di belakang mulut).

Seperti vaksin lainnya, penting untuk memperhatikan batasan usia tertentu ketika melakukan vaksin HPV. Vaksinasi ini direkomendasikan untuk diberikan kepada perempuan pada rentang usia tertentu, terutama orang berisiko.

Vaksin HPV telah terbukti memberikan perlindungan yang efektif terhadap infeksi HPV, yang dapat menyebabkan kanker serviks, vulva, vagina, anus, dan orofaring. Namun, saat memberikan vaksinasi HPV penting untuk memperhatikan batasan usia, seperti halnya vaksinasi lainnya.

Usia yang umumnya direkomendasikan untuk vaksinasi HPV adalah 9-26 tahun. Hal ini karena kelompok usia tersebut memiliki sistem imun yang biasanya belum terpapar jenis HPV yang menyebabkan kanker.

Dengan memberikan vaksin pada usia muda, dapat memberikan perlindungan maksimal terhadap infeksi HPV di masa depan.

Perlu digaris bawahi bahwa batas usia dapat bervariasi tergantung pada negara dan otoritas kesehatan. Beberapa negara merekomendasikan vaksinasi HPV hingga usia 26 tahun. Sedangkan negara lain mungkin memiliki batasan usia yang berbeda karenanya, penting untuk mengikuti saran dari otoritas kesehatan setempat.

Di Indonesia, pemberian vaksinasi HPV bagi perempuan yang berusia 9 sampai 55 tahun. Sedangkan untuk laki-laki dapat diberikan jika telah memasuki usia 19-26 tahun.

Berikut beberapa aturan mengenai pemberian vaksin HPV diantaranya batasan usia pemberiannya dapat bervariasi antara negara dan otoritas kesehatan. Namun, WHO merekomendasikan pemberian vaksin HPV kepada perempuan antara usia 9 hingga 26 tahun.

Pemberian vaksin HPV umumnya melalui serangkaian dosis, dengan jadwal pemberian yang tepat, sesuai dengan panduan yang ditetapkan oleh otoritas kesehatan. Mengikuti aturan pemberian yang telah ada sangat penting untuk memastikan efektivitas vaksin dalam melindungi individu dari infeksi HPV dan kanker terkait.

Aturan pemberian bertujuan untuk melindungi kesehatan individu, mencegah infeksi HPV, dan mengurangi risiko terjadinya kanker. Termasuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya vaksinasi HPV dan mengikuti aturan yang telah ada dapat memperkuat program vaksinasi dan memberikan manfaat jangka panjang bagi kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

(Red)

 

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini