Beranda Bisnis Performa ASTRA Tol Tangerang-Merak Kian Meningkat

Performa ASTRA Tol Tangerang-Merak Kian Meningkat

Gerbang Tol Merak - foto istimewa

SERANG – Tercatat peningkatan performa kinerja PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) pada periode semester 1 tahun 2018 dengan pertumbuhan volume kendaraan sebesar 2,13% dan rata-rata trafik sebanyak 137.432 kendaraan/hari. Hal ini sejalan dengan adanya pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten pada Triwulan I di tahun 2018 sebesar 5,95%. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pertumbuhan ini  lebih tinggi 0,5% dibandingkan dengan Triwulan I 2017 sebesar 5,90%.

Kepala Divisi Hukum & Humas, Indah Permanasari menjelaskan pertumbuhan kinerja operasional ASTRA Tol Tangerang-Merak juga didukung oleh peningkatan penyediaan fasilitas dan peralatan tol dengan melakukan penambahan 8 unit Gardu Tol Otomatis (GTO) yang terpasang di Gerbang Tol Cikupa, 2 unit di Gerbang Tol Balaraja Timur, 2 unit di Gerbang Tol Balaraja Barat, 2 unit di Gerbang Tol Cikande, 2 unit di Gerbang Tol Serang Timur, 2 unit di Gerbang Tol Serang Barat, 2 unit di Gerbang Tol Cilegon Timur dan 2 unit di Gerbang Tol Cilegon Barat. Total GTO yang terpasang di Ruas Tangerang-Merak hingga saat ini sebanyak 23 unit.

“Sejalan dengan upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jalan, pada semester 1 tahun 2018, ASTRA Tol Tangerang-Merak menambah 4 unit Variable Message Sign (VMS) yang terpasang pada KM 81 Arah Merak, Akses Cikupa, Akses Ciujung, Akses Merak dan dengan memprioritaskan kebutuhan pengguna jalan telah dilakukan relokasi VMS KM 98 arah Jakarta dan KM 42 arah Merak ke Akses Balaraja Timur. Secara keseluruhan VMS yang tersebar di Tol Tangerang-Merak sebanyak 21 unit,” ujarnya melalui rilis yang diterima BantenNews.co.id, Rabu (18/7/2018).

Lanjutnya, peningkatan kualitas jalan pun terlihat pada bidang infrastruktur dengan dibangunnya penambahan lajur ke-4 Ruas Cikupa-Balaraja. Hal ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan optimalisasi pelayanan kepada pengguna jalan. Pekerjaan penambahan lajur ke-empat dimulai dari Cikupa KM 31+200 hingga Balaraja Barat KM 39+200, dari sebelumnya 3 lajur menjadi 4 lajur sepanjang 6 km. SSecara fungsional sejak H-10 arus mudik lebaran lajur ke-4 sudah bisa dilalui pengguna jalan  dan direncanakan selesai tuntas pada bulan November 2018. Penambahan lajur ini juga merupakan antisipasi sebelum mengalami kepadatan, mengingat pertumbuhan lalu lintas di Tol Tangerang-Merak tercatat hampir mencapai 80%, khususnya wilayah Bitung sampai dengan Balaraja.

“Peningkatan kualitas pelayanan juga diwujudkan dengan pengoperasian simpang susun Cikande yang mulai beroperasi di bulan Mei 2018. Sejak diresmikannya Simpang Susun Cikande, gerbang tol Tangerang-Merak bertambah dari 9 menjadi 10 gerbang yaitu menjadi Gerbang Tol Cikupa, Balaraja Timur, Balaraja Barat, Cikande, Ciujung, Serang Timur, Serang Barat, Cilegon Timur, Cilegon Barat dan Merak,” ujarnya.

Menurut Indah, di tahun 2018, ASTRA Tol Tangerang-Merak terus melanjutkan beberapa akses tol yang telah direvitalisasi, seperti akses Serang Timur dan akses Cilegon Timur yang saat ini masih dalam proses pembenahan dan ditargetkan akan rampung di tahun ini.

“Pengembalian fungsi akses atau yang lebih dikenal dengan revitalisasi akses merupakan salah satu upaya ASTRA Tol Tangerang-Merak untuk mengintegrasikan antara jalan tol dengan jalan nasional. Diharapkan dengan lancarnya jalan akses akan berpengaruh kepada lalu lintas yang akan menuju gerbang tol begitupun sebaliknya,” paparnya

Sedangkan, masih kata dia, dari sektor tanggung jawab sosial, ASTRA Tol Tangerang-Merak juga telah melakukan aksi sosial donor darah. Hingga Juni 2018 terkumpul 1.082 kantung darah. Di bidang pendidikan, ASTRA Tol Tangerang-Merak menambah 6 sekolah dasar (SD) binaan baru di Kecamatan Kramatwatu sehingga total sekolah binaan di tahun 2018 sebanyak 12 SD.

“Pembinaan dan pendampingan ASTRA Tol Tangerang-Merak pun menghasilkan beberapa penghargaan yang diraih oleh tenaga pengajar sekolah binaan, yaitu juara 1 Inovasi Karya Guru ASTRA se-Indonesia yang dilaksanakan di Kupang Nusa Tenggara Timur, juara 1 Ujian Akhir Nasional (UAN) tingkat Kecamatan Cikande dan  juara 1 Inovasi guru tingkat Kecamatan CIkande,” ucapnya.

“Dengan semakin membaiknya performa pada semester 1 ini tentunya sejalan dengan peningkatan layanan melalui investasi berbagai fasilitas. ASTRA Tol Tangerang-Merak senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diharapkan dapat meningkatkan loyalitas para pelanggan dan kepercayaan para pemangku kepentingan,” ucapnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini