Beranda Pemerintahan Perempuan Berperan Dalam Membangun Ketahanan Keluarga

Perempuan Berperan Dalam Membangun Ketahanan Keluarga

Foto istimewa

LEBAK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak melalui Gabungan Organisasi Wanita (GOW) menggelar acara Peringatan Hari Ibu Ke-91.

Kegiatan dihadiri Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lebak dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bertempat di Pendopo Bupati Lebak, Senin (23/12/2019).

Dalam sambutannya Bupati Lebak menjelaskan bahwa hari Ibu terlahir dari sebuah pergerakan kaum perempuan Indonesia pada tanggal 22 Desember 1929, melalui kongres perempuan pertama di Yogyakarta telah mengukuhkan semangat dan tekad bersama untuk mendorong kemerdekaan Indonesia dengan tema.

“Memperjuangkan hak perempuan dalam melawan perkawainan anak, poligami dan pendidikan perempuan,” ujar Bupati melalui siaran tertulis.

Bupati menambahkan pada abad revolusi 4.0 ini perempuan harus sadar akan hak dan tanggung jawabnya. “Kita memiliki hak yang sama dengan laki-laki untuk memperoleh sumber daya, seperti akses terhadap ekonomi, politik, dan sosial, begitu pula dengan peran dan tanggung jawab kita dalam memberikan perlindungan dan pengasuhan anak serta upaya kita dalam membangun ketahanan keluarga,” ucap Bupati.

Bupati berharap Peringatan Hari Ibu yang dilaksanakan menjadi momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian, sekaligus pengakuan akan eksistensi perempuan dalam membangun ketahanan kekuarga, sehingga seluruh anggota keluarga dan seluruh komponen masyarakat menjadi motor penggerak roda pembangunan Kabupaten Lebak.

Sementara itu Ratu Mintarsih, Ketua GOW Kabupaten Lebak menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama generasi muda untuk mempertebal tekad dan keyakinan dalam melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan dan pembangunan serta tekad untuk mewujudkan perdamaian yang dilandasi semangat persatuan dan kesatuan bangsa sebagai pengamalan pancasila.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ