Beranda Bisnis Perdana, Kayu Olahan Asal Pandeglang Diekspor ke Korea Selatan

Perdana, Kayu Olahan Asal Pandeglang Diekspor ke Korea Selatan

Badan Karantina Pertanian Cilegon melakukan tindakan karantina pada ekspor perdana olahan kayu tujuan Korea Selatan - Foto istimewa

CILEGON – Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian Cilegon melakukan tindakan karantina pada ekspor perdana olahan kayu tujuan Korea Selatan. Kayu olahan diekspor dari PT.SLP di Pandeglang Banten sebanyak 41. 0450 meter kubik atau senilai Rp78 juta.

Sebagai informasi kayu olahan yang dimaksud adalah kayu yang telah diolah menjadi ukuran ketebalan 15 mm, lebar 80 mm dan panjang 800 sampai dengan 1,200 mm dan akan digunakan sebagai pembungkus alat-alat elektronik. Kayu tersebut berasal dari jenis kayu jabon dan akasia yang diperoleh dari perkebunan rakyat di Pandeglang Banten.

“Kami melakukan serangkaian tindakan karantina, diantara melakukan pemeriksaan secara visual, melakukan pemeriksaan jenis dan volume kayu dan memastikan kesesuaian nomor alat angkut (kontainer) dan kelayakannya ,” terang Hendra Pejabat Karantina Tumbuhan dalam keterangannya, Minggu (16/2/2022).

Berdasarkan persyaratan dari negara tujuan, kayu harus bebas jamur, bebas mata mati, bebas gesekan dan kadar air 18 sampai dengan 25 %.

Kepala Karantina Pertanian Cilegon, Arum Kusnila Dewi mengapresiasi kepada PT. SLP yang telah berhasil melakukan ekspor perdana. Dimana eksportir tersebut turut membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan penyerapan bahan baku kayu tersebut.

“Ekspor perdana diawal tahun 2022 merupakan kabar yang sangat baik, menambah eksportir baru dengan komoditas yang baru pula. Dengan ini kami optimistis ditahun 2022 ekspor komoditas pertanian dari Banten akan terus meningkat dan dapat turut serta mensukseskan program Gratieks Kementerian Pertanian,” jelas Arum.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini