Beranda Teknologi Perayaan Imlek dan Cap Go Meh, Jaringan XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan...

Perayaan Imlek dan Cap Go Meh, Jaringan XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik

Gedung XL Axiata

SERANG – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan di seluruh wilayah Jabodetabek siap menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan trafik selama masa liburan Tahun Baru Imlek dan Cap Gomeh yang akan berolangsung tidak lama lagi. XL Axiata memperkirakan akan terjadi lonjakan trafik data sekitar 8% dibanding hari normal.

Peningkatan trafik ini diprediksi akan terjadi di beberapa kota dengan konsentrasi perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh terbesar di wilayah Jabodetabek, seperti Jakarta, Bogor, Depok Tangerang juga Bekasi.

 

Group Head XL Axiata Region Jabodetabek, Rd. Sofia Purbayanti, mengatakan tahun lalu saat masih ada pandemi saja trafik ada kenaikan.

“Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh, terutama di Jakarta dan Bogor, selalu mendapatkan sambutan meriah dari masyarakat Tionghoa. Ribuan orang akan datang ke Jakarta dan Bogor untuk merayakan kedua hari besar tersebut. Untuk itulah kami akan menyiapkan jaringan yang memadai,” ujarnya, Selasa (17/1/2023).

Menurut Sofia, meskipun kenaikan trafiknya tidak akan sebesar Lebaran atau Nataru dan juga lebih terkonsentrasi di beberapa kota saja, namun XL Axiata tetap menyiapkan kapasitas jaringan yang lebih besar. Peningkatan trafik akan lebih banyak terjadi di layanan data, sementara kenaikan trafik layanan percakapan (voice) diperkirakan stabil.

Dari jenis layanan, trafik layanan streaming secara umum diprediksi mengalami peningkatan sekitar 5%. Selain itu, layanan seperti Video Call, Web Browsing, dan Instant Messaging (IM) akan turut mengalami peningkatan karena biasanya di momen ini akan banyak yang menyampaikan ucapan selamat.

Selama perayaan Imlek nanti, XL Axiata akan memberikan perhatian penuh pada kualitas jaringan di sejumlah kawasan pemukiman, pusat-pusat keramaian, seperti antara lain pusat perbelanjaan, terminal dan juga bandara. XL Axiata juga menyiapkan 14 unit mobile BTS (MBTS) untuk memastikan performa jaringan di sejumlah lokasi.

Jaringan data berkualitas XL Axiata di Jabodetabek ditopang oleh lebih dari 28.800 BTS, termasuk lebih dari 12.900 BTS 4G. Untuk mengantisipasi kenaikan trafik perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan yang lebih besar dari hari normal.

Layanan di wilayah DKI Jakarta ditopang oleh lebih dari 5.400 BTS 4G. Sementara itu di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor ditopang oleh lebih dari 2.200 BTS 4G untuk mengcover titik-titik perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini