Beranda Uncategorized Per November, Tim Prabowo – Sandi Habiskan Rp34,5 Miliar untuk Kampanye

Per November, Tim Prabowo – Sandi Habiskan Rp34,5 Miliar untuk Kampanye

Prabowo-Sandiaga Uno - foto istimewa IDN Times

 

JAKARTA — Bendahara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Thomas Djiwandono menyatakan pengeluaran pihaknya untuk kepentingan kampanye per November mencapai Rp34,5 miliar. Angka tersebut meningkat dari pengeluaran per bulan sebelumnya yang mencapai Rp16,92 miliar.

“Pengeluaran sebanyak Rp34,5 miliar. Naik signifikan dari Rp16,5 miliar,” kata Tommy di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya I, Jakarta, yang dikutip cnnindonesia.com, Rabu (28/11/2018).

Pengeluaran BPN Prabowo-Sandi, jika diuraikan, paling banyak dialokasikan untuk segmen kegiatan lain-lain yang mencapai Rp21.589.502.500. Nominal tersebut sama dengan 67,8 persen total pengeluaran per November.

Angka itu juga meningkat. Pada bulan sebelumnya, dana untuk kegiatan lain sebesar Rp14,7 miliar.

Kegiatan lain-lain itu sendiri berupa penguatan posko-posko relawan dan kegiatan para relawan Prabowo-Sandi di berbagai daerah. Kedua hal itu masuk dalam kategori teritori dan jaringan yang sejauh ini dialokasikan sebesar Rp14.602.000.000.

Sementara untuk media sosial sebesar Rp9.100.000, media center Rp4.571.360.000, dan sosial kemasyarakatan Rp2.407.042.500.

Di samping segmen kegiatan lain-lain, BPN mengeluarkan dana untuk kampanye tatap muka, yakni Rp7.120.415.621. Angka itu sama dengan 22,4 persen dari total pengeluaran hingga akhir November. Nominal tersebut meningkat dari bulan sebelumnya, yang hanya mengalokasikan Rp1,83 miliar untuk kampanye tatap muka.

Pada segmen lain, yakni kampanye pertemuan terbatas, BPN telah menghabiskan Rp1.140.673.047 atau 3,6 persen dari total pengeluaran hingga akhir November. Naik dari bulan sebelumnya yang menghabiskan Rp14 juta untuk pertemuan terbatas.

Pada segmen operasi lain-lain, BPN telah menghabiskan Rp1.173.024.180 atau 3,7 persen dari total pengeluaran hingga akhir November.

BPN Prabowo-Sandi juga sudah mengeluarkan Rp257.000.000 untuk iklan media. Angka itu sama dengan 0,8 persen dari total pengeluaran hingga akhir November.

Untuk bahan kampanye, BPN telah merogoh kocek Rp453.333.333 atau 1,4 persen dari total pengeluaran per akhir November. Di segmen pembelian peralatan, Rp111.546.649 sudah dikeluarkan. Nominal tersebut sama dengan 0,4 persen dari total pengeluaran hingga akhir November.

Sebelumnya, Tommy mengatakan bahwa pengeluaran dana kampanye naik signifikan dibanding bulan sebelumnya. Meski begitu, Sandiaga Uno menganggap pihaknya justru sudah bisa menekan biaya kampanye seminim mungkin.

Dia mengklaim tidak banyak menghabiskan dana untuk memobilisasi simpatisan. Justru sebaliknya. Sandi mengatakan simpatisan atau warga yang berbondong-bondong datang sendiri.

“Masyarakat datang berbondong-bondong. Kami duduk di bawah bareng masyarakat, menghemat sewa kursi,” kata Sandi. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini