Beranda Peristiwa Penyeberangan di Pelabuhan Merak Diprediksi Naik, Kapolda : Hampir Dipastikan Tidak Ada...

Penyeberangan di Pelabuhan Merak Diprediksi Naik, Kapolda : Hampir Dipastikan Tidak Ada Antrean

447
0
Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar. (Gilang)

CILEGON – Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar menyatakan bahwa sarana penyeberangan di Pelabuhan Merak dan seluruh fasilitas penunjangnya saat ini dalam kondisi yang siap menghadapi arus penumpang jelang momen libur panjang. Bahkan untuk mengantisipasi potensi bila sampai terjadi antrean kendaraan yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

“Dengan adanya sistem tiket online, hampir dipastikan tidak ada tumpukan dan antrean lagi bagi yang mau menyeberang. Belum ada ada penambahan satu dermaga, dermaga empat. Dan kita cadangkan juga dermaga swasta punya Pelindo, BBJ dan Indah Kiat. Kalau penuh juga, itu kita mainkan dari sini ke Pelabuhan Panjang,” ujarnya ditemui di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Selasa (27/10/2020).

Kedatangan Kapolda Banten saat itu, mendampingi Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono bersama sejumlah jajaran petinggi Mabes Polri yang melakukan kunjungan singkat. Tiba dengan helikopter, Wakapolri langsung memantau kondisi persiapan di sekitar dermaga enam sesaat dan langsung meninggalkan lokasi.



“Semua sudah siap, tinggal disiplin masyarakat saja yang dijaga. Antrean dan tertib lalu lintas tetap dijaga, sehingga bisa mengurangi risiko kecelakaan,” imbuhnya.

Sementara General Manager PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, Hasan Lessy mengatakan pihaknya menyiagakan 55 dari total 72 Kapal Motor Penumpang (KMP) yang tersedia untuk menghadapi musim libur panjang kali ini.

“Saat ini masih terlihat normal ada 28 kapal, karena kita juga melihat kondisi di lapangan belum terlalu signifikan. Semua kapal itu dilayani di 7 dermaga,” ujarnya.

Hasan memprediksi, lonjakkan penumpang di Pelabuhan Merak akan terjadi pada malam ini hingga Rabu (28/10/2020) besok. “Karena long weekend ini kan terjadi di tanggal 29. Peningkatan penumpang dan kendaraan, kita prediksi rata-rata 6 persen,” tandasnya.

Berdasarkan data yang dihimpun, pada Senin (26/10/2020) kemarin tercatat, Pelabuhan Merak menyeberangkan 1.182 penumpang pejalan kaki dan 5.316 kendaraan berbagai jenis dari 27 kapal yang beroperasi. (dev/red)