Beranda Gaya Hidup Penyebab Kenapa Kamu Selalu Berkeringat Saat Tidur

Penyebab Kenapa Kamu Selalu Berkeringat Saat Tidur

204
0
Ilustrasi - foto istimewa popular-world.com

Pernahkah Anda berkeringat saat sedang tidur? Jika pernah, tentunya hal ini sangat menyebalkan, bukan? Sebab, di tengah-tengah pulasnya tertidur, Anda akan bangun karena merasa risih akibat tubuh yang basah akibat keringat sehingga Anda akan mengganti baju, atau bahkan melepas pakaian, alias tidur telanjang.

Banyak yang beranggapan bahwa berkeringat ketika tidur adalah kondisi normal akibat suhu yang panas. Hal itu memang benar, namun jika Anda selalu berkeringat setiap malam walau suhu stabil, maka itu adalah sebuah tanda tak normal.

Dilansir dari doktersehat.com, ada beberapa penyebab mengapa seseorang sering berkeringat saat tidur di malam hari. Untuk lebih jelas, berikut diantaranya:

1. Hiperhidrosis Idiopatik

Jika Anda sering berkeringat di malam hari tanpa sebab, mungkin Anda sedang mengalami hiperhidrosis idiopatik. Kondisi ini terjadi tanpa penyebab medis yang pasti. Tapi penderitanya selalu berkeringat saat tertidur pulas. Namun sebaliknya, saat sedang tidak tidur, maka keringat tidak akan keluar.

2. Infeksi

Ada beberapa gejala penyakit yang sering dikaitkan dengan derasnya keringat di malam hari saat tertidur. Salah satunya adalah infeksi bakteri, seperti endokarditis, yakni radap katup jantung. Selain itu, berkeringat saat tidur juga bisa mengindikasikan bahwa seseorang sedang mengalami osteomielitis, sebuah gangguan atau peradangan yang menyerang tulang.

3. Hipoglikemia

Selanjutnya, berkeringat saat tidur juga bisa mengindikasikan tubuh sedang mengalami hipoglikemia. Hipoglikemia sendiri merupakan gangguan kesehatan yang berhubungan dengan kadar gula di dalam darah. Gangguan ini biasanya disebabkan oleh efek obat-obatan yang rutin dikonsumsi.

4. Gangguan Hormon

Jika Anda mengalami gangguan hormon di dalam tubuh, akan terjadi beberapa tanda, misalnya tumbuh jerawat hingga keringat yang tak normal. Biasanya, keringat yang tak normal ini memiliki suhu yang dingin. Maka dari itu, berkeringat saat sedang tidur sering dikaitkan dengan adanya ketidakstabilan hormon di dalam tubuh. (Red)