Beranda Kesehatan Penyebab Asam Urat di Usia Muda, Simak Yuk!

Penyebab Asam Urat di Usia Muda, Simak Yuk!

91
0
Ilustrasi - foto istimewa juara.net

Penyakit yang satu ini ternyata tak cuma menyerang orang tua saja lho Ladies. Yang masih muda nyatanya juga banyak yang terkena penyakit ini. Tak sedikit mereka yang sudah berusia di akhir 30-an mengeluhkan asam urat.

Asam urat atau gout adalah penyakit kronis akibat gangguan metabolisme, sehingga kadar asam urat cenderung berlebihan di dalam tubuh. Nah, asam urat yang berlebihan bisa membentuk kristal monosodium urat dan menumpuk pada jaringan tubuh terutama sendi.

Penumpukan ini terjadi di sekitar persendian jari tangan maupun kaki, atau bagian tubuh lain seperti lutut, dan pergelangan tangan. Lama-kelamaan penumpukan ini semakin menjadi-jadi akan menyebabkan keluhan berupa nyeri hebat pada sendi dan jaringan di sekitarnya.

loading...

Penyakit ini disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah karena faktor keturunan. Ini akan semakin tinggi jika kamu adalah orang yang hobi mengonsumsi makanan yang tinggi purin, seperti daging, seafood, jeroan, kacang-kacangan, termasuk minuman beralkohol atau yang mengandung pemanis (fruktosa). Kelebihan berat badan atau obesitas juga membuat tubuh memproduksi lebih banyak asam urat.

Penyakit ini termasuk berbahaya, meski demikian bisa dicegah dengan pola hidup dan makan yang sehat. (Red)

Sumber : Vemale.com