Beranda Bisnis Penuhi Permintaan Pasar Nasional, STP Resmikan Shrimp Hatchery Seluas 1,3 Hektar 

Penuhi Permintaan Pasar Nasional, STP Resmikan Shrimp Hatchery Seluas 1,3 Hektar 

Foto istimewa

SERANG – PT Suri Tani Pemuka (STP), anak usaha PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) meresmikan hatchery udang seluas 1,3 hektar yang terletak di kawasan Anyer, Kabupaten Serang, Banten. Peresmian dilakukan secara simbolis dengan penandatanganan prasasti dan rangkaian prosesi peresmian oleh pimpinan JAPFA dan STP. Dengan adanya penambahan unit Shrimp Hatchery STP, diharapkan mampu mendukung pemerintah dalam mencapai target produksi udang sebesar 2,5 juta ton di tahun 2024.

Direktur Utama STP, Ardi Budiono mengungkapkan dalam menjalan operasional bisnis, kami mengembangkan fokus produksi menjadi dua bagian yakni dalam bentuk benur melalui post larvae center dan nauplii atau fase larva yang diperoleh dari induk udang melalui nauplii center.

 

Menurutnya, sejak memulai produksi pada pertengahan tahun 2019, kapasitas produksi di hatchery tersebut mampu menampung sebanyak 125 juta benur setiap bulannya. Hasil produksi tersebut diupayakan mampu memenuhi kebutuhan pelanggan benur STP di sejumlah daerah, seperti Riau, Sumatera bagian Selatan, Jawa Barat hingga Jawa Tengah.

 

“Kemudian, untuk jenis nauplii sendiri, kapasitas produksi kami mencapai 400 juta dalam 1 bulan. Nauplii tersebut selanjutnya didistribusikan ke unit hatchery STP yang berada di Aceh, Lampung, Indramayu termasuk di Anyer”, ujarnya, Kamis (28/7/2022).

 

Shrimp hatchery Anyer merupakan fasilitas produksi yang dilengkapi dengan biosekuriti dan sistem sanitasi yang baik serta menjalankan alur produksi modular. Hal tersebut bertujuan agar benur yang dihasilkan memiliki ketahanan akan berbagai jenis penyakit dan virus.

Di sisi lain juga terjamin traceabilitynya. Tentunya hal tersebut juga membuktikan komitmen STP dalam memberikan produk yang berkualitas serta diimbangi dengan keberlanjutan tidak hanya dari segi bisnis, melainkan mempertimbangkan dampak terhadap lingkungannya.

 

Saat ini, STP telah memiliki 8 unit produksi pembibitan udang yang tersebar di Indonesia. Diantaranya terletak di Aceh, Lampung, Indramayu, Banyuwangi, Negara, Singaraja, Sumbawa hingga Makassar. Dalam rangka menjangkau kebutuhan pasar dan menambah kapasitas produksi, tahun ini STP akan memperluas lokasi operasionalnya dengan menambah unit baru di Bangka dan juga Rembang serta melakukan ekspansi pembibitan udang di Aceh dan Sumbawa.

 

Presiden Komisaris JAPFA, Syamsir Siregar menyampaikan “Dengan diresmikannya Shrimp Hatchery STP di Anyer, perusahaan berharap bisa melayani pelanggan dengan baik melalui benur-benur berkualitas yang diproduksi di fasilitas kami. Sehingga, hatchery udang dapat terus tumbuh bersama pelanggan petambak di Indonesia”.

(Red)