Beranda Sosial dan Budaya Penuhi Kebutuhan Beras, Humanity Careline Layani Masyarakat 24 Jam

Penuhi Kebutuhan Beras, Humanity Careline Layani Masyarakat 24 Jam

524
0
Foto istimewa

SERANG – Di tengah krisis selama pandemi Covid-19, Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus menghadirkan beragam program pemenuhan kebutuhan pangan warga prasejahtera. Salah satunya adalah program Humanity Careline yang akan mengantarkan pangan bagi warga terdampak wabah Covid-19. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Humanity Careline hadir nomor panggil di 0800 1 165 228.

Humanity Careline atau Layanan Antar Pangan menjadi salah satu program andalan ACT sebagai turunan Operasi Pangan Gratis. Dalam proses pengiriman bantuan, ACT melibatkan ojek daring sebagai kurir paket pangan.

Koordinator Program Humanity Careline, Rizky Wihardi mengatakan, saat ini sistem Humanity Careline terus dikembangkan sehingga mampu melayani panggilan masyarakat selama 24 jam.

Hingga saat ini, total telepon yang masuk ke program Humanity Careline mencapai  11.249 penelepon. Lebih lanjut Rizky menjelaskan, jumlah jangkauan akan terus ditingkatkan. Pertama, menambah jumlah line call dari 3 line menjadi 20 line, lalu targetnya kita akan tambah menjadi 50 line. Kedua, adanya penambahan periode pada jam operasional. Dari 8 jam, 12 jam, lalu sekarang 24 jam. Ketiga, dari segi sistem. Pada mulanya sistem operasi bersifat manual, lalu saat ini menjadi sistematis.

“Selama bulan Ramadan ini, selain menjadi medium untuk donasi umum, HCL akan menjadi medium untuk donasi zakat fitrah. Otomatis maka akan ada dua campaign yang berjalan. Dengan dua campaign ini insya Allah akan semakin masif bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat,” ungkap Rizky, Sabtu (2/5/2020).

Untuk mempermudah proses pengantaran, ACT menempatkan titik pengantaran di beberapa wilayah. Saat ini per harinya adalah 13 titik telah melibatkan dengan 600-an mitra ojol per hari. Semua beras akan diantar oleh pengemudi ojol kepada penerima manfaat Ojol yang diamanahkan pun dipesan melalui aplikasi yang biasa dijalankan. Dengan menggunakan layanan ini, diharapkan tidak ada kerumunan yang terjadi.

Dengan target potensi titik antar dapat menjadi 260 titik per harinya, potensi kerjasama juga dapat mencapai hingga 100.000 ojol per hari. Harapannya, HCL mampu mencapai 10.000 pengiriman per hari dengan total paket dari 5 kg berasa  menjadi 25 kg per KK. Semangat Bersama Bangun Bangsa juga diwujudkan dengan keterlibatan publik untuk mengentaskan problematika multidimensi yang muncul akibat Covid-19.

Selain terbuka untuk siapa saja yang membutuhkan bantuan (pangan), publik juga bisa menelepon untuk merekomendasikan tetangganya untuk dikirimkan bantuan. Lebih jauh, Humanity Careline juga terbuka untuk para dermawan yang ingin berkontribusi membantu sesama. Salurkan kepedulian terbaik Anda melalui www.Indonesiadermawan.id/HumanityCareLine! Ulurkan tangan, salurkan kedermawanan dan jadilah pahlawan bagi mereka yang membutuhkan.

(Red)