Beranda Ramadan Penuh Berkah, Ketahui 3 Keutamaan Puasa Ramadan

Penuh Berkah, Ketahui 3 Keutamaan Puasa Ramadan

Ilustrasi - Foto oleh Thirdman dari Pexels

SERANG – Bulan Ramadan memiliki tempat tersendiri bagi umat Islam di seluruh dunia. Tidak hanya menahan lapar dan haus, bulan suci ini juga menjadi waktu yang tepat untuk berlomba-lomba mendapat pahala.

Puasa sendiri merupakan ibadah yang memiliki banyak keutamaan bagi para Muslim.

Hal itu diungkap dalam kitab al-Jami’ al-Shahih karya Imam al-Bukhari (hal, 256) pada bagian Kitabus Shiyam. Terdapat hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA di mana Rasulullah SAW bersabda:

“Puasa adalah perisai. Apabila salah seorang kalian sedang berpuasa, janganlah ia berkata kotor dan melakukan perbuatan bodoh (tercela). Apabila seseorang mengajaknya berkelahi atau mencelanya, katakanlah: ‘Sesungguhnya saya sedang berpuasa’ (dua kali). Demi Dzat yang jiwaku berada di tanganNya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah SWT daripada wangi minyak kasturi. (Allah SWT berkata) ‘Ia rela meninggalkan makanannya, minumannya, dan syahwatnya karena Aku. Puasa itu untukKu dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Sedangkan kebaikan (selain puasa) dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.'”

Berdasarkan hadits di atas, ada tiga keutamaan puasa yang perlu diketahui. Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Islami.co melalui suara.com (jaringan BantenNews.co.id)  berikut ini:

Keutamaan Pertama

Puasa dapat membentengi seorang muslim dari kemaksiatan yang dapat menjerumuskannya ke dalam api neraka. Dijelaskan oleh Ibn Hajar al-’Asqalani (w. 825 h), beberapa makna dari perisai terdapat dalam hadits tersebut.

Sebagian ulama memaknai perisai yang dapat melindungi orang yang berpuasa dari api neraka.

Selain itu, sebagian lainnya mengatakan bahwa perisai dapat melindungi orang yang berpuasa terhindar dari bahaya hawa nafsu. (Al-‘Asqalani, Fathul Bari, Jil. 5).

Keutamaan Kedua

Bau mulut seseorang yang sedang berpuasa disebut lebih wangi dibanding bau minyak kasturi. Secara zahir, bau mulut orang yang berpuasa memang mengeluarkan bau yang tak sedap.

Namun siapa sangka, bau yang dianggap tak sedap ini justru melebihi wangi minyak kasturi di sisi Allah SWT.

Keutamaan Ketiga

Orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala yang tak terbatas. Pada bagian akhir hadits, Nabi menuturkan sebuah hadits Qudsi yang menjelaskan bahwa, pahala puasa berbeda dengan pahala amal kebaikan pada umumnya.

Jika pahala kebaikan dibalas dengan sepuluh hingga 700 kali lipatnya, maka pahala puasa berbeda. Dan Allah SWT sendiri yang akan menentukannya sesuai kadarnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini