Beranda Opini Pentingnya Pendidikan Agama di Kalangan Remaja

Pentingnya Pendidikan Agama di Kalangan Remaja

Ilustrasi - foto istimewa islami.co

Oleh: Siti Fatihat, Mahasiswa UIN SMH Banten

Pendidikan dan agama memiliki hubungan antara keduanya, karena karakteristik seseorang tidak jauh dari Pendidikan dan Agama, khususnya di kalangan remaja banyak sekali yang meremehkan dan menyepelekan pentingnya Pendidikan Agama, sehingga mereka tanpa sadar telah melakukan hal-hal yang tidak baik atau melanggar aturan Agama seperti kasus perzinahan, pergaulan, tawuran dan lain sebagainya, mereka tanpa sadar telah melakukan perbuatan tersebut dikarenakan kurangnya kesadaran diri untuk belajar pendidikan agama, khususnya di kalangan remaja banyak sekali kasus-kasus tentang perzinahan bahkan di usia 7 tahun saja sudah melakukan hal tersebut, mungkin menurut mereka perbuatan seperti itu boleh-boleh saja, disebabkan karena mereka kurangnya pendidikan agama.

Pendidikan bertujuan untuk membentuk prilaku atau karakter yang baik pada generasi muda atau remaja Islam, yang berlandasan dengan Al-Quran dan Hadits-Hadits Allah SWT. Bergaul dengan teman yang bertujuan untuk memperbaiki diri dan memperdalam Ilmu Agama itu sangat baik, kenapa? Karena diantara mereka berusaha untuk saling belajar dan mencari tahu apa saja yang belum mereka ketahui terkait hukum-hukum Islam, agar pengetahuan mereka bertambah semakin luas.

Islam mempunyai tujuan untuk menampakkan jiwa kemanusiaan yang berdasarkan hukum-hukum Islam, tidak banyak remaja berprilaku yang baik sesuai hukum-hukum Islam atau nilai-nilai agama, karena itu Pendidikan dan agama dapat menjadi temeng yang kuat bagi mereka di tengah kalangan remaja.

Pendidikan agama adalah aspek pendidikan yang dibutuhkan oleh kaum muslimin. Agama sendiri ialah pedoman hidup dan merupakan suatu sarana untuk menanamkan karakter yang baik, karena dengan itu seseorang menjadi terbiasa berfikir secara kritis dan dengan adanya dasar-dasar Pendidikan Agama Islam seseorang dapat berfikir secara murni dan tidak bingung jika menghadapi persoalan di kehidupan.

Terwujudnya suatu karakter dikalangan remaja akan berdampak positif baik untuk dirinya dan untuk orang-orang di sekitarnya, dan menjadi perubahan didalam masyarakat, yang dulunya sangat pasif, kurang mengetahui agama secara keseluruhan, dan kerakhlak yang kurang, sekarang menjadi aktif sediakala dalam berbagai hal, berwawasan luas dan berakhlak yang baik.

Manfaat pendidikan agama Islam untuk masa depan, khususnya sudah berkeluarga, pendidikan tersebut berperan sebagai pengetahuan untuk mendidik diri kita sendiri dan keluarganya kelak dalam bermasyarakat serta cobaan-cobaan lainnya pada zaman sekarang. Semua itu tidak akan berjalan dengan lancar apabila tidak ada kekuatan iman pada diri sendiri, karena dengan iman seseorang memiliki pendirian yang akan menjaga diri dari berbagai situasi dan kondisi yang akan terjadi.

Oleh karena itu kedua orang tua bahkan orang dewasa berkewajiban membantu, merawat dan membimbing serta mengarahkan kepada anak-anak yang belum dewasa untuk dapat bertumbuh dan berkembang membentuk kepribadaian yang lebih baik sesuai hukum-hukum Islam.

(**)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ