Beranda Kampus Pentingnya Etika dan Menahan Diri Dalam Penggunaan Media Sosial

Pentingnya Etika dan Menahan Diri Dalam Penggunaan Media Sosial

Rio Febri Hendrawan, Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang

Oleh: Rio Febri Hendrawan, Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang

 

Di era 4.0 ini perkembangan teknologi komunikasi berlangsung sangat pesat salah satunya yaitu media sosial. Jenis teknologi komunikasi yang satu ini merupakan media yang berkembang paling pesat dan telah digunakan hampir 70% pengguna internet di seluruh dunia. Penggunaan media sosial jaman sekarang sudah digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari pria maupun wanita, lalu dari kalangan usia anak-anak, remaja, dewasa bahkan sampai lansia sekalipun.

Apabila dilihat dari sisi positifnya, media sosial memiliki banyak keuntungan berupa konektivitas sosial, keterlibatan sosial, update informasi dan hiburan. Namun media sosial juga memiliki berbagai resiko seperti resiko psikologis dan masalah privasi.

Media sosial saat ini menjadi sebuah sorotan penting dalam kehidupan, karena semua informasi yang disampaikan melalui media sosial bias mencakup seluruh Indonesia atau bahkan sampai ke beberapa negara lain. Tidak hanay sebuah informasi tetapi juga mengenai hiburan-hiburan yang ditampilkan di televisi. Tentu semua siaran ditayangkan dengan penuh pertimbangan yang ada karena dengan adanya peraturan-peraturan yang dibuat guna untuk menyeleksi tayangan mana yang pantas dan tidak pantas untuk disiarkan.

Kita diberi kebebasan dalam menggunakannya, namun bukan berarti kita bisa bertindak semena-mena dan tidak memiliki etika atau batasan dalam menggunakannya. Kita dituntut untuk bisa memilah mana yang baik dan mana yang tidak baik. Sebelum menggunakan media sosial, sebaiknya kita mengetahui bagaimana etika yang perlu diperhatikan dalam penggunaan media sosial.

Agar setiap pengguna media sosial merasakan kenyamanan dalam penggunaannya dan terhindar dari kejahatan. Karena sekarang banyak ditemukan permasalahan sosial yang terjadi ditengah masyarakat kita karena kurangnya kesadaran beretika dalam menggunakan media sosial, dan banyak pengguna telah termakan oleh pemberitaan tidak benar yang beredar di media sosial.

Terdapat beberapa etika dalam penggunaan media sosial antara lain :

·        Tidak menyebarkan privasi orang lain

Dalam penggunaan media sosial sebaiknya kita sebagai pengguna harus bijak dalam menyebarkan informasi, jangan sampai menyebarkan sesuatu hal yang bersifat sensitif dan  hal tersebut merupakan privasi orang lain.

 

·        Periksa kebenaran informasi

Pengguna media sosial dituntut cerdas dalam memilah informasi yang mereka dapatkan. Apabila ingin menyebarkan informasi, sebaiknya melakukan crosscheck dan pastikan terlebih dahulu kebeneran informasi tersebut jangan sampai kita menyebarkan berita hoax atau bohong.

 

·        Memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengguna media sosial yang lain.

Sebagai pengguna media sosial yang baik, ada baiknya kita tidak menyebarkan informasi yang berbau SARA (Suku, Agama, dan Ras), pornografi, dan kekerasan. Sebarkanlah hal-hal berguna yang tidak menyebabkan konflik antar pengguna internet lainnya.

 

·        Tidak melakukan hal-hal yang merugikan pengguna internet.

Salah satu hal yang sangat penting dalam menggunakan media sosial yaitu penggunaan bahasa yg tepat saat berinteraksi dengan pengguna lain. Karena sekarang sangat banyak ditemukan kata-kata kasar yang muncul dalam percakapan antar sesama di media sosial. Sebaiknya dalam berkomunikasi kita menggunakan kata-kata yang layak dan sopan agar tidak merugikan orang lain.

Jadi intinya gunakanlah media social secara bijak untuk menghindari hal-hal yang merugikan diri sendiri maupun orang lain. Informasi yang kita dapatkan hendaknya jangan ditelan mentah-mentah, sebaiknya terlebih dahulu memilah mana saja yang bermanfaat dan yang tidak. Kebebasan berkomunikasi harus tetap berpegang pada etika dan tidak melanggar nilai dan norma yang berlaku dalam kehidupan sosial.

(***)

 

 

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini