Beranda Kesehatan Pentingnya BAB Saat Pagi Hari Bagi Kesehatan, Ini Penjelasannya

Pentingnya BAB Saat Pagi Hari Bagi Kesehatan, Ini Penjelasannya

Ilustrasi - foto istimewa detik.com

Saat Pagi hari kamu sering buang air besar (BAB). Yups bagua banget. Sebab, saat pagi disebut sebagai waktu yang paling ideal untuk BAB.

Hal ini diperkuat oleh penelitian yang mengemukakan alasan di baliknya. Menurut ahli pencernaan, dr Sarina Pasricha, BAB di pagi hari merupakan waktu yang tepat dan bagus untuk tubuh.

“Saat pagi hari, ketika kita pertama kali bangun, jam alarm internal berbunyi di usus kita, dan usus besar mulai berkontraksi lebih kuat. Faktanya, usus besar berkontraksi dan meremas tiga kali lebih keras pada jam pertama kita bangun dibandingkan ketika kita sedang tidur,” jelas dr Pasricha dikutip dari detik.com.

Dikutip dari Fatherly, saat orang tidur, usus kecil dan besar bekerja untuk memproses semua sisa makanan dari hari sebelumnya. Kotoran yang terbentuk dari sisa makanan itu paling bagus dikeluarkan saat pagi hari. Kegiatan BAB ini biasanya dilakukan sekitar 30 menit setelah bangun tidur dan melewati berbagai kegiatan rutin lainnya.

“Biasanya BAB dilakukan setelah melakukan berbagai kegiatan pagi, seperti minum kopi, peregangan, dan minum air. Minum kopi di pagi hari dapat menciptakan pergerakan usus yang sehat dan membantu mengeluarkan kotoran yang tersimpan sejak malam,” ujarnya.

“Selain itu, kualitas tidur juga bisa menentukannya. Jika seseorang tidur dengan nyenyak, itu juga akan mempengaruhi kegiatan buang air besar setiap harinya,” imbuhnya.

Meskipun begitu, tidak semua orang bisa buang air besar rutin tiap paginya. BAB dengan intensitas waktu seminggu tiga kali ataupun sehari tiga kali, masih dianggap normal. dr Pasricha menambahkan, keadaan tersebut masih dalam tahap wajar dan tidak menimbulkan masalah kesehatan apapun.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini