Beranda Kesehatan Penting Bagi Tubuh, Ini Waktu-waktu Wajib Minum Air Putih

Penting Bagi Tubuh, Ini Waktu-waktu Wajib Minum Air Putih

Ilustrasi - foto istimewa hellosehat.com

Air sudah sejak lama dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah untuk mengatur suhu tubuh, melindungi organ dan jaringan dalam tubuh, mencegah konstipasi, melarutkan zat gizi ke berbagai bagian tubuh, dan lain sebagainya.

Kita sering mendengar anjuran minum minuml delapan gelas sehari. Meski baik diminum kapanpun, tapi kapan saja waktu-waktu wajib untuk minum air putih?

“Saat haus tentunya. Tapi, saat merasa haus biasanya kita sudah mengalami dehidrasi ringan,” kata pakar gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK dikutip dari kompas.com.

Ia menjelaskan, haus adalah sinyal bahwa tubuh memerlukan cairan. Dianjurkan kita minum tanpa menunggu rasa haus dan minum secara berkala.

Waktu lainnya adalah sebelum, selama dan sesudah beraktivitas. Misalnya, saat anak belajar di sekolah. Belajar membutuhkan konsentrasi tinggi untuk menyerap materi pelajaran.

Kekurangan cairan atau dehidrasi bisa menyebabkan konsentrasi menurun sehingga pelajaran tidak bisa terserap dengan baik.

Oleh karena itu, minum air putih diharuskan dilakukan sebelum, selama dan sesudah beraktivitas. Termasuk ketika melakukan aktivitas olahraga.

“Misalnya, saat olahraga pagi di Car Free Day, keringat keluar sangat banyak, mulai pusing dan otot tegang. Itu tanda awal kekurangan mineral,” tutur Diana.

Waktu wajib lainnya untuk minum air putih adalah sebelum tidur. Sebab, durasi tidur malam kira-kira 7-8 jam. Sehingga tubuh akan melalui waktu yang cukup panjang sebelum waktu minum berikutnya.

Di samping menghindari dehidrasi, minun sebelum tidur juga bisa membuat gigi lebih bersih.

“Kadang saat bangun merasa pusing, itu karena dehidrasi ringan. Tubuh kekurangan cairan saat tidur,” ujar Diana.

Tapi, sekali lagi, ingatlah untuk minum secara berkala dan minum sebelum haus. Tidak perlu menghindari minum karena malas pergi ke kamar mandi, ya! (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ