Beranda Bisnis Penjelasan Menkumham Soal Konten Youtube Bisa Jadi Jaminan Pinjaman ke Bank

Penjelasan Menkumham Soal Konten Youtube Bisa Jadi Jaminan Pinjaman ke Bank

Ilustrasi - foto istimewa trinunnews.com

JAKARTA – Konten Youtube bisa menjadi jaminan pinjaman ke bank maupun nonbank. Ini diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif yang diterbitkan Presiden Joko Widodo.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly menjelaskan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif antara lain mengatur skema pembiayaan yang diperoleh pelaku keuangan kreatif melalui lembaga keuangan bank maupun non bank yang berbasis kekayaan intelektual.

“Artinya, sertifikat kekayaan intelektual dapat dijaminkan di bank fidusia,” kata Yasonna dikutip dari Youtube DJKI, dikutip dari Suara.com, Minggu (24/7/2022).

Yasonna menyebutkan jika kekayaan intelektual, seperti hak cipta lagu atau video yang memiliki sertifikat, kemudian diunggah ke Youtube dan banyak penontonnya, maka sertifikat tersebut bisa jadi jaminan pinjaman bank.

“Kalau sudah lagu kita ciptakan masuk ke youtube, sudah jutaan viewers itu sertifikatnya sudah punya nilai jual, kalau kita tiba-tiba membutuhkan uang,” kata dia.

Yasonna mengatakan nantinya lembaga keuangan yang menilai sendiri nilai dari konten youtube tersebut. Menurutnya, upaya ini sebagai bentuk melindungi kekayaan intelektual.

“Jadi, semakin tinggi value merek dan kekayaan intelektual tersebut maka nilai pinjaman yang diberikan pun makin besar,” kata dia.

Yasonna juga mengatakan konten Youtube yang bisa dijaminkan berasal dari hak cipta atau merek yang telah dicatatkan di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini