Beranda Peristiwa Pengurus PDBI Banten Periode 2018-2022 Resmi Dilantik, Drum Band Masih Cabor Paling...

Pengurus PDBI Banten Periode 2018-2022 Resmi Dilantik, Drum Band Masih Cabor Paling Potensial

100
0
Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Drumband Indonesia (PDBI) Kombes Pol Joko Sarwoko resmi melantik PDBI Provinsi Banten periode 2018-2022. (Foto Wahyu Arya/BantenNews.co.id)

SERANG – Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Drumband Indonesia (PDBI) Kombes Pol Joko Sarwoko resmi melantik PDBI Provinsi Banten periode 2018-2022. Pelantikan langsung di Area Museum Negeri Provinsi Banten, Jumat (29/6/2018) malam.

Kepemimpinan PDBI Banten secara estafet berpindah dari Ketua Umum PDBI Banten Opar Sochari kepada Haridoyo Sugianto beserta jajarannya. Dalam sambutannya, Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Drumband Indonesia (PDBI) Kombes Pol Joko Sarwoko mengapresiasi kiprah PDBI Provinsi Banten yang telah merorehkan prestasi tingkat nasional hingga Internasional.

“Pengamatan PB PDBI bahwa banyak prestasi yang telah diraih oleh PDBI Banten baik nasional maupun internasional. Semua itu hasil kerja keras pengurus. Untuk itu harus menajadi apresiasi sedalam-dalamnya,” kata Joko Sarwoko.

Pembinaan drum band untuk generasi muda, menurut Joko merupakan hal positif yang dapat mendidik karakter anak bangsa untuk berprestasi. Ia berharap terhadap pengurus di tingkat kabupaten dan kota dapat lebih mengembangkan pembinaan dalam hal drum band dan marching band dalam roda kompetisi.

“Pesan saya agar pengurus bekerja sama dengan komunitas, sehingga lebih semarak di Banten. Hal lain agar Juri dan Pelatih dapat meningkatkan kualitas dari berbagai tingkatan,” harapnya.

Ketua Umum Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Banten Brigjen (Pol) Purn. Rumiah Kartoredjo juga mengapresiasi sepak terjang dan sumbangsih marching band di Banten. Menurutnya marching band merupakan cabang olahraga (cabor) yang menyumbang emas terbanyak dalam PON XIX Jabar 2016.

“Kita mendapat 3 emas dari cabor ini dan menempatkan Banten naik dari peringkat 21 pada PON Riau menjadi posisi ke-13 di PON Jabar,” kata mantan Kapolda Banten tersebut.

Rumiah berharap, pada PON tahun 2020 di Papua, cabor marching band dapat berangkat dan bertanding mengharumkan nama Provinsi Banten. “Saya minta dukungan Pak Wagub (Andika Hazrumy) jangan sampai marching band ini tidak berangkat,” pinta Rumiah.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengaku akan memfasilutasi PDBI Banten untuk turut serta dalam PON 2020 di Papua.

“Saya melihat drum band adalah cabang potensial. Bahwa di PON Jabar yang membawa Banten peringkat ke-13 karena 3 emas dapat disumbangkan cabor ini. Insya Allah 2020 berharap mohon didorong cabor marching band dan arung jeram dapat ikut PON di Papua,” ujar Andika.

Lebih lanjut, Andika juga menyatakan pihak Pemprov Banten tengah menyiapkan pembangunan sport center di Baros, Kabupaten Serang.

“Di sana nanti akan jadi sarana olahraga terpadu Kami bermimpi punya fasilitas olahraga bertaraf nasional. Atlet-atlet dari PDBI Banten supaya bisa berlatih di sport center. Kita akan sediakan arena latihan khusus. Doakan dalam 5 tahun ini selesai,” ujar Andika.

Ketua Terpilih Pengprov Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Banten 2018-2022, Haridoyo Sugianto berjanji akan merangkul semua kabupaten/kota di Banten, dalam kepengurusan otoritas cabang olah raga (cabor) drum band di Banten. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah koordinasi dan pembinaan kepada atlet drum band se-Banten.

Ia mengatakan, dalam kepengurusan Pengprov PDBI Banten di bawah kepemimpinannya, nanti akan merangkul perwakilan dari seluruh kabupaten/kota di Banten. Pria yang akrab disapa Doyo ini ingin koordinasi antardaerah tidak terkendala, terlebih dibutuhkan pembinaan atlet yang merata.

“Itu janji saya. Dalam penyusunan pengurus PDBI Banten, semua perwakilan pengcab se-Banten akan saya libatkan. Ini demi menjaga koordinasi yang baik,” katanya.

Selain itu, ujar dia, demi percepatan pemerataan pembinaan drum band di Banten. Dengan begitu, akan banyak terjaring atlet drum band terbaik dari daerah-daerah di Banten. (You/Red)