Beranda Bisnis Penghuni Rusunawa dan Pedagang Pasar Cibodas Bisa Transaksi Non Tunai

Penghuni Rusunawa dan Pedagang Pasar Cibodas Bisa Transaksi Non Tunai

Acara pengaktifan transaksi non tunai yang digelar BI dan Pemkot Tangerang. (Foto : ist)

SERANG – Bank Indonesia Provinsi Banten bersama Pemerintah Kota Tangerang mengaktifkan penghuni rusunawa dan pedagang Pasar Cibodas dapat melakukan aktifitas pembayaran secara non tunai atau Cashless. BI Banten dan Pemkot Tangerang berharap sistem pembayaran non tunai dapat memudahkan warga dalam melakukan administrasi.

Hal itu terungkap usai Launching elektronifikasi retribusi rusunawa dan jasa pengelolaan pasar kepada penghuni rusunawa di Kota Tangerang dan pedagang pasar khususnya di Pasar Cibodas Kota Tangerang, Rabu (27/2/2019).

Acara tersebut dihadiri sekaligus diresmikan oleh Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah, hadir pula Wakil Walikota Tangerang Sachrudin, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Rahmat Hernowo; Kepala Divisi Sistem Pembayaran & Pengelolaan Uang Rupiah (SPPUR) Bank Indonesia Provinsi Banten, Erry P. Suryanto; Vice Presiden Kanwil IV BJB, Somi M. Yunus; Sekretariat Daerah Kota Tangerang Dadi Budaeri, Direktur Utama PD Pasar Jaya Kota Tangerang Titien Mulyati, Kepala OPD se-Kota Tangerang dan jajaran lainnya.

Hernowo menjelaskan elektronifikasi retribusi rusunawa dan jasa pengelolaan pasar diinisiasi oleh KPw BI Provinsi Banten sejak tahun 2018 dan bersinergi dengan Pemerintah Kota Tangerang (Dinas Perkim, Dinas Kominfo, BPKD), PD Pasar dan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) yang merupakan RKUD (Rekening Kas Umum Daerah). “Launching Elektronifikasi dilaksanakan sebagai rangkaian dalam menyambut HUT Kota Tangerang yang ke-26. Ini merupakan program utama dari Walikota Tangerang untuk dapat mengimplementasikan Tangerang Pay menuju Kota Tangerang Go Digital,” ujarnya melalui siaran pers yang diterima BantenNews.co.id, Kamis(28/2/2019).

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah mengapresiasi program Go-Cashless. Ia berharap seluruh transaksi penerimaan pemerintah dapat dilakukan secara non tunai melalui suatu platform yaitu Tangerang Pay. Elektronifikasi Rusunawa sebagai tahap awal dilakukan melalui pembayaran ke rekening Virtual Account (VA) masing-masing penghuni. Untuk pembayarannya, penghuni cukup melakukan transfer ke nomor VA yang terdaftar dan dapat dilakukan dari rekening manapun sehingga memudahkan bagi penghuni untuk melakukan pembayaran.

Sedangkan untuk tahap awal elektronifikasi jasa pengelolaan pasar saat ini melalui pembayaran menggunakan mesin EDC Bank BJB. Setiap pedagang di Pasar Cibodas telah memiliki rekening BJB yang telah diakomodir oleh Bank BJB kepada masing-masing pedagang. Untuk tahap selanjutnya, Pemerintah Kota Tangerang mengharapkan Elektronifikasi ini dapat dilakukan melalui Tangerang Pay yang terintegrasi dengan Tangerang Live.

“Semoga dengan adanya elektronifikasi ini semakin memudahkan bagi masyarakat, meningkatkan transparansi dan mengoptimalkan pendapatan Pemerintah Kota Tangerang,” ucapnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini