Beranda Pariwisata Pengembangan Port Tourism di Pandeglang Mulai Digagas

Pengembangan Port Tourism di Pandeglang Mulai Digagas

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

PANDEGLANG – Himpunan Ahli Pelabuhan Indonesia (HAPI) menilai Pandeglang punya potensi untuk pengem bangan Port Tourism atau Dermaga kapal wisata. Dengan adanya potensi tersebut, pihak HAPI berharap Kabupaten Pandeglang ikut andil pada kegiatan International Sea Port Exhibition and Conference (Ispec) tanggal 21-22 September yang dihadiri oleh pelaku usaha maritim.

Tawaran tersebut disambut baik oleh Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban, karena Pandeglang sangat memiliki potensi besar dalam Port Tourism.

“Indonesia, Pandeglang potensinya memang Tourism bisnis, jika di KEK Tanjunglesung bisa dibangun marina itu luar biasa untuk mendongkrak ekonomi masyarakat”, ungkap Tanto saat bertemu dengan pengurus HIPI diruang kerjanya, Senin (5/9/2022).

Dikatakan Tanto, sejauh ini memang wacana pengembangan tersebut sudah ada seiring dengan pengembangan Kawasan Ekonoi Khusus (KEK) Tanjung Lesung.

“Pengembangan KEK ini memang sedikit terhambat, tapi kami yakin dengan dorongan semua pihak pengembangan Tourism Bisnis di Pandeglang bisa terus maju”, pungkasnya.

Sekretaris Port Tourism Ando Pandosi mengatakan, Ispec ini dilaksanakan Dalam rangka memperingati Hari Maritim Nasional pada tanggal 23 September 2022 dan mendukung program Pemerintah RI dalam digitalisasi pelabuhan, pelayaran dan
logistik di Indonesia.

“Ada dua potensi di Banten yang dapat dikembangkan Port Tourism salah satunya Pandeglang”, ujanya.

Ia berharap, potensi ini dapat disampaikan pada saat kegiatan Ispac oleh perwakilan Pemkab Pandeglang, sehingga kata Andro Tourisem bisnis di akan maju di Pandeglang.

“Jika wacana kami ini diterima, kita akan sampaikan ke pusat, jika ini disetujui tidak menutup kemungkinan Pandeglang menjadi jalur pemberhentian kapal – kapal pesiar,” tandasnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini