Beranda Pemerintahan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Pemkab Tangerang Diapresiasi Kemenpan RB

Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Pemkab Tangerang Diapresiasi Kemenpan RB

Pemkab Tangerang mendapatkan penghargaan terkait Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) dari Kemenpan RB - foto istimewa

KAB. TANGERANG – Pemkab Tangerang mendapatkan penghargaan terkait Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) dari Kemenpan RB.

Penghargaan tersebut diterima oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan Kadis Kesehatan Kabupaten Tangerang di Ballroom Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta.

Pemkab Tangerang meraih tiga penghargaan. Pertama, masuk 30 besar terbaik sebagai Instansi Pemerintah (IP) Umum Kompetisi P4 ke-4 tahun 2022. Sementara itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang mendapat penghargaan dan masuk ke dalam 15 besar dengan kategori Unit Penyelenggara Pelayanan (UPP) terbaik.

Dalam kategori UPP terbaik, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang mendapatkan Piala Anggakara Birawa. Dinkes masuk 5 besar dalam kategori tersebut.

Atas diraihnya capaian tersebut, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengungkapkan rasa syukur karena Pemerintah Kabupaten Tangerang dianugerahi penghargaan dari Kemenpan RB terkait Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik.

“Alhamdulillah hari ini Pemerintah Kabupaten Tangerang dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang mendapatkan penghargaan dari kompetisi SP4N lapor yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN RB, Kemendagri dan Kementerian Kominfo,” ungkap Bupati dalam keterangannya, Senin (29/6/2022).

Bupati berterima kasih atas kerja keras seluruh Perangkat Daerah (PD) terkait seperti Diskominfo Kabupaten Tangerang, Inspektorat dan Dinas Kesehatan yang mendukung program SP4N di Kabupaten Tangerang.

Bupati berharap penghargaan tersebut menjadi motivasi untuk seluruh instansi terkait untuk bekerja lebih baik lagi.

“Tentu saja semua program atau pun jalur pengaduan dari masyarakat dibuka seluas-luasnya untuk kemudian segera ditindaklanjuti, itu yang paling penting. Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih semoga ke depan pelayanan publik di Kabupaten Tangerang jauh lebih baik lagi,” harap Bupati.

Semantara itu, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemen PANRB, Diah Natalisa mengatakan, diselenggarakannya kompetisi ini adalah untuk memotivasi dan juga memperbaiki kualitas pengelolaan pengaduan secara berkelanjutan, dan juga sebagai perwujudan manajemen pengetahuan dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Ia menambahkan, kegiatan yang sudah keempat kalinya diselenggarakan oleh Kemen PANRB ini, para penerima penghargaan sudah ditetapkan berdasarkan hasil evaluasi lanjutan berupa wawancara melalui ruang virtual zoom meeting yang telah dilaksanakan pada tanggal 23-30 Mei 2022 oleh Tim Evaluasi secara independen.

“Tahun 2022 ini, jumlah peserta yang siap di verifikasi terdapat 434 peserta dari 573 yang mendaftar, baik lingkup Kementrian, Lembaga, dan Pemda. Dari 434 diseleksi lagi dan menghasilkan 51 besar terbaik dari pemerintah daerah, instansi kementerian maupun unit penyelenggara pelayanan,” katanya.

Diah juga mengucapkan selamat kepada 51 instansi pemerintah dan unit penyelenggara pelayanan atau UPP yang telah terpilih menjadi top pengelola pelayanan publik terbaik khusus kepada top 17 instansi pemerintahan dan UPP penerima Piala Anggakara Birawa.

“Semoga ke depannya bisa menjadi penyemangat dan inspirasi dan menularkan praktek yang baik dalam pengelolaan pengaduan kepada instansi pemerintah dan unit penyelenggara lainnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang lebih baik lagi,” kata Diah.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini