Beranda Uncategorized Pengamat Prediksi Jokowi-Ma’ruf Amin Menang di Banten

Pengamat Prediksi Jokowi-Ma’ruf Amin Menang di Banten

Pasangan Capres-Cawapres, Jokowi-Ma'ruf Amin - foto istimewa merdeka.com

TANGERANG – Pilpres 2019 kini telah memasuki masa kampanye setelah pada Jumat (21/7/2018) dilakukan pengundian nomor urut. Dimana ditetapkan Jokowi-Ma’ruf mendapatkan nomor urut 1 dan Prabowo-Sandi mendapat nomor urut 2.

Di Provinsi Banten pertarungan kedua kubu diprediksi akan berlangsung seru. Itu karena Bantendipandang sebagai basis suara Prabowo, karena di pilpres 2014 pasangan Prabowo-Hatta menang di provinsi ini.

Namun pengamat politik Oktarina Soebardjo dari Lembaga Survei Stratak Indonesia membantahnya. Menurutnya Banten adalah basisnya Partai Golkar, tokoh-tokoh politik dan kepala daerah di Bantenbanyak yang dari partai itu.

“Jadi kemenangan Prabowo-Hatta di pilpres lalu tak bisa dilepaskan dari keterlibatan Partai Golkar yang saat itu mengusung mereka,” kata Octarina kepada wartawan di kawasan BSD City, Tangerang Selatan, Sabtu (22/9/2018) dikutip dari akurat.co.

Oktarina menjelaskan, di pilpres kali ini klan politik di Banten lebih banyak berada di pihak Jokowi – Ma’ruf. Turunnya dinasti politik Ratu Atut yang menguasai beberapa daerah ditambah dengan turunnya kekuatan politik beberapa daerah termasuk di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang, lalu turunnya Gubernur Banten yang mendukung Jokowi – Ma’ruf jelas tak bisa dianggap sepele. Saat yang sama PDI Perjuangan juga masih mendapat suara tertinggi di berbagai survei.

Berpadunya kekuatan itu tentu akan berkontribusi pada kemenangan Jokowi – Ma’ruf. Yang tak kalah penting sebenarnya juga adalah dukungan rakyat Banten kepada Kyai Ma’ruf Amin.

“Beliau itu kan memang orang Banten. Masa orang Banten tidak dukung orang Banten lagi, apalagi ini mau jadi pemimin negara. Jadi wapres. Pasti didukung itu. Itu soal kebanggan,” ujarnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini