Beranda Uncategorized Pengamat : Ada Empat Faktor Pasangan ‘Aje Kendor’ Unggul di Pilkada Kota...

Pengamat : Ada Empat Faktor Pasangan ‘Aje Kendor’ Unggul di Pilkada Kota Serang

Pasangan Syafrudin-Subadri - foto istimewa

SERANG – Pasangan calon Walikota – Wakil Walikota Serang Syafrudin – Subadri unggul sementara dalam perolehan suara Pilkada Kota Serang. Pasangan dengan jargon ‘Aje Kendor’ ini unggul dalam hitung cepat lembaga survei maupun sistem informasi perhitungan KPU Kota Serang.

Bahkan pasangan Syafrudin – Subadri mampu menumbangkan perolehan suara pasangan Vera – Nurhasan yang dalam survei sebelum pencoblosan selalu diunggulkan.

Leo Agustino, pengamat politik dari Untirta mengatakan ada empat alasan pasangan ‘Ajr Kendor’ bisa unggul dalam pilkada bahkan mengalahkan Vera yang merupakan isteri petahana Walikota Serang Tb Haerul Jaman.

Pertama, adanya kesadaran politik yang cukup tinggi dari para pemilih mengenai pembangunan secara keseluruhan di Kota Serang. Rakyat ingin berubah karena Paslon nomor satu yakni Vera – Nurhasan diidentikkan dengan petahana yang dirasa oleh pemilih kurang membawa perubahan berarti bagi Kota Serang.

Kedua, komposisi yang pas disodorkan oleh paslon ‘Aje Kendor’ telah berhasil merebut hati rakyat. Komposisi antara birokrat dan politisi dianggap mewakili keperluan warga untuk perubahan tersebut.

Di satu sisi, Kota Serang membutuhkan birokrat yang tahu betul persoalan administrasi negara dan administrasi publik; dan di sisi lain, Kota Serang juga perlu politisi yang bisa mengkomunikasikan ide dan gagasan besar mengenai perubahan Kota Serang ke depan.

Ketiga, elektabilitas Subadri yang memang sedari awal sudah tinggi sehingga Pilkada  ini kembali menegaskan elektabilitas Subadri di Kota Serang. Subadri yang merupakan mantan Ketua DPRD Kota Serang memiliki elektabilitas tinggi di Pemilu tahun 2014 lalu.

“Terakhir, kita tidak bisa nafikan kampanye bersahaja, jaringan relawan termasuk ikatan kekeluargaan dan pesantren turut mendongkrak suara Syafrudin-Subadri. Selain efektifnya mesin partai yang mengusung Paslon nomor tiga,” katanya saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Kamis (28/6/2018).

Diketahui, hasil input data Situng KPU Kota Serang dari sebanyak 966 TPS di Kota Serang terlihat perolehan suara untuk pasangan calon nomor urut 1 Vera Nurlaela-Nurhasan sebesar 32,15 persen dengan suara sebanyak 90.468. Pasangan calon nomor urut 2 Samsul-Rohman sebesar 29,16 persen atau suara sebanyak 82.030. Sementara pasangan calon nomor urut 3 Syafrudin – Subadri sebesar 38,69 persen dengan suara sebanyak 108.856. (ink/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini