Beranda Akademi Pengabdian Dosen Teknik Industri dalam Meningkatkan Perekonomian dengan Menaikan Nilai Produk dan...

Pengabdian Dosen Teknik Industri dalam Meningkatkan Perekonomian dengan Menaikan Nilai Produk dan Harga Jual UMKM

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Pamulang

TANGERANG – Mahasiswa dan dosen program Teknik Fakultas Teknik Universitas Pamulang mengedukasi UMKM cara promosi produk menarik di Desa Koper, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang.

Hal tersebut terungkap pada acara Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada Jumat 12 November 2021 sampai Minggu 14 Novermber 2021 berjudul Pemberdayaan Masyarakat untuk Meningkatkan Perekonomian dengan Menaikkan Nilai Produk dan Harga Jual dengan Kemasan Standing Pouch.
Kegiatan PKM diketuai Sofian Bastuti, pemateri oleh Rini Alfatiyah dan Mualif.

Disamping dosen juga melibatkan tiga mahasiswa dari Program Studi Teknik Industri Rizki Alwan Sabila, Muhammad Rangga Jaya dan Rhaida Maulana.

Kepala Desa Koper Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang, Banten, Ayub mengapresiasi kegiatan tersebut. Adapun tujuan dari PKM ini adalah memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian melalui penjualan produk dengan membuat kemasan standing pouch.

Dalam kegiatan PKM dilakukan pembinaan dan pendampingan masyarakat Desa Koper, Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang, Banten. Metode yang akan digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah melalui kegiatan penyuluhan, diskusi dan simulasi secara offline.

Kegiatan pembinaan dan pendampingan kepada masyarakat sekitar mengenai sosialisasi pentingnya kemasan yang baik untuk menaikkan nilai produk dan harga jual, jenis kemasan yang akan kami sosialisasikan adalah jenis standing pouch.

Fokus dari kegiatan PKM adalah membuat kemasan standing pouch, namun sebelum membuat kemasan standing pouch ada beberapa kegiatan pendukung yang dilakukan terlebih dahulu. Sebelum ke kemasan produk perlu memerhatikan kualitas produk, dan meningkatkan kesadaran dan pemahaman mitra tentang pentingnya promosi produk.

Setelah melakukan penyuluhan, diskusi dan simulasi tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang memberikan Kemasan standing pouch dan Alat Press Packaging tersebut kepada masyarakat agar alat tersebut dipakai atau digunakan untuk kemajuan usaha UMKM. Dengan adanya kemasan standing pouch dan Alat Press Packaging dapat meningkatkan pembuatan produk. Sehingga perekonomian masyarakat bisa berjalan dengan baik dan lancar.

(***)