Beranda Pemerintahan Penerimaan CPNS Segera Dibuka, BKPP Cilegon Ajukan Formasi ke KemenPAN-RB

Penerimaan CPNS Segera Dibuka, BKPP Cilegon Ajukan Formasi ke KemenPAN-RB

Ilustrasi - foto istimewa detik.com

CILEGON – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 akan dibuka pada tahun ini. Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Cilegon pun sudah mengajukan formasi CPNS ke Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan, Pemberhentian, Pembinaan kesejahteraan, dan Administrasi BKPP Kota Cilegon, Budhi Mustika membenarkan bahwa pihaknya sudah mengajukan jumlah kuota CPNS ke KemenPAN-RB.

Namun demikian, Budhi belum bisa mengungkap berapa kuota CPNS yang diajukan ke Pemerintah Pusat.

“Sementara kami sudah mengajukan formasi ke Menpan. Mudah-mudahan sebentar lagi kami akan terima berapa yang disetujui,” ujar Budhi melalui pesan tertulisnya, Rabu (7/4/2021) seraya enggan mengungkap berapa kuota yang diajukan.

Diketahui bahwa pemerintah bakal kembali membuka CPNS 2021 setelah tahun lalu mengalami penundaan dikarenakan pandemi Covid-19.

Lalu bagaimana formasi CPNS 2021? melansir suara.com (jaringan BantenNews.co.id) pelaksanaan seleksi CPNS 2021 tahun ini akan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai tindak pencegahan Covid-19.

Pembukaan pendaftaran akan dilakukan pada bulan Mei 2021 mendatang. Namun untuk pengumuman resmi akan segera dilakukan setelah persiapan selesai.

Formasi CPNS 2021 akan segera diumumkan oleh Tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Jumlah kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2021 ini dibutuhkan sebanyak 1.275.387 orang.

Untuk rincian kebutuhannya, sebanyak 83.669 orang dibutuhkan untuk memenuhi pemerintahan pusat, sebanyak 1.191.718 untuk memenuhi kebutuhan pemerintah daerah, sebanyak 1.022.616 akan ditetapkan sebagai guru PPPK, dan sekitar 70.008 akan ditetapkan sebagai PPPK non guru serta 119.094 pada CPNS.

Jadwal seleksi akan dibagi dalam tiga golongan antara lain Sekolah Kedinasan, PPPK Guru dan CPNS serta PPPK non-Guru. Pendaftaran seleksi akan dibuka pada bulan April 2021 ini dengan rincian jadwal sebagai berikut.

Sekolah Kedinasan: April 2021

PPPK Guru: Mei-Juni 2021

CPNS dan PPPK non-Guru: Mei-Juni 2021

Bagi sekolah kedinasan, pendaftaran dibuka pada bulan ini pada tanggal 9 April 2021 hingga 30 April 2021. Seleksi sekolah kedinasan akan dimulai pada minggu ketiga di bulan Mei hingga Juni pada minggu keempat.

Seleksi untuk PPPK guru, ada tiga tahap seleksi yakni tahap 1 pada Agustus 2021, tahap ke-2 Oktober 2021 dan tahap 3 pada Desember 2021. Jadwal seleksi CPNS 2021 dan PPPK non-guru direncanakan pada Juli-Oktober 2021.

Dalam mengikuti seleksi CPNS 2021, ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan antara lain sebagai berikut.

Kartu Keluarga (KK)

Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Ijazah

Transkrip nilai

Pas foto

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang dilamar

Demikian adalah informasi mengenai formasi CPNS 2021 yang akan segera diumumkan informasi resminya. Bagi calon pendaftar CPNS 2021 diharapkan untuk mempersiapkan segala kebutuhan seperti pemberkasan, persiapan pelaksanaan tes sejak saat ini untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

(Man/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini