Beranda Pemerintahan Penerima PKH di Kota Serang 2023 Akan Dievaluasi

Penerima PKH di Kota Serang 2023 Akan Dievaluasi

Ilustrasi - foto istimewa VOA-ISLAM.COM

SERANG – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Serang menggelar kegiatan evaluasi keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2022, Senin (30/1/2023).

Walikota Serang, Syafrudin menyampaikan penerima PKH di Kota Serang harus semangat bekerja. Jangan bergantung pada bantuan sosial.

“Kalau hanya inginnya menerima bantuan, bagaimana ingin sejahtera, yang ada malah semakin malas jadinya,” ujarnya.

Diketahui menurut data yang didapat dari BPS, data kemiskinan di Kota Serang ini sudah menurun dari 7% menjadi 6%.

Angka kemiskinan tahun 2022 yang tercatat oleh pendamping PKH yang pertama yaitu Kecamatan Serang sebanyak 10.500, Cipocok 7800, Curug 8000, Walantaka 9129, Kasemen 9216, Taktakan 10.249 KK.

“Jadi ini kurang lebih terdapat 70 ribu KK, yang tercatat saat ini,” ujarnya.

Kepala Dinas Sosial Kota Serang Toyalis menuturkan bahwa angka kemiskinan Kota Serang meningkat hampir sekitar 150.000. Hal tersebut merupakan angka yang masuk di data penerima manfaat keluarga harapan.

“Kalau yang sekarang ini yang disampaikan ini satu keluarga, seperti halnya orang miskin ada berapa anaknya yang sekolah, berapa di dalamnya seperti itu, itu rata-rata yang tidak punya pekerjaan,” ujarnya.

Toyalis menambahkan, pada tahun 2022 data penerima PKH sekitar 11.848 bantuan, data itu dikirim dari pusat melalui PT Pos Indonesia,

“Dinsos Kota Serang hanya memantau atau hanya memonitoring bantuan itu disalurkan atau belum,” ujarnya.

Oleh karena itu dengan adanya evaluasi ini Pemerintah Kota Serang berharap pada PKH untuk mendata yang akurat jangan sampai ada yang sudah meninggal tapi masih terdata.

Syafrudin menyiapkan APBD yang cukup banyak untuk membantu dan mengentaskan kemiskinan di Kota Serang.

“APBD untuk mengatasi kemiskinan itu sudah banyak, misalkan di Dinsos, bahkan bukan di dinsos aja, di OPD lain juga masih banyak, seprti rumah tidak layak huni, serta OPD-OPD terkait seperti Dinkes dan OPD lainnya,” ujarnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini