Beranda Pemilu 2024 Peneliti BRIN Sebut Aura Ganjar Jadi Pemikat Banyak Pemilih Perempuan

Peneliti BRIN Sebut Aura Ganjar Jadi Pemikat Banyak Pemilih Perempuan

Ganjar Pranowo saat menyapa masyarakat - foto istimewa suara.com

SERANG – Hasil survei Litbang Kompas mengungkap pemilih perempuan lebih banyak memilih bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto ketimbang Anies Baswedan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Peneliti senior BRIN Siti Zuhro menilai hal tersebut disebabkan oleh aura serta ekspresi yang dipancarkan Ganjar.

“Mengapa Ganjar disukai banyak perempuan, mungkin karena aura yang dimunculkan dan ekspresi yang ditampilkan menimbulkan rasa simpati sehingga mereka menyukai,” kata Siti melansir suara.com (jaringan BantenNews.co.id), Minggu (24/9/2023).

Siti lantas menjelaskan karakter perempuan ketika menjadi pemilih di pemilu. Pertama, perempuan akan melihat sosok dan penampilannya.

Kedua, karakter dari sosok capres tersebut. “Apakah capres sosok yg baik, cool dan asyik untuk disapa dan diajak bicara,” ucapnya.

Sementara yang ketiga, pemilih perempuan memiliki empati yang tinggi. Sehingga capres yang menarik perhatian mereka ialah yang dianggap bisa memahami kaum perempuan.

Siti menerangkan kalau fitrah perempuan itu lembut, keibuan dan perhatian terhadap sesama dan sekitarnya. Secara umum menurutnya, perempuan menyukai sosok laki-laki yang penuh perhatian, baik hati, cool dan mau memahami.

“Dalam konteks pilpres bila calonnya laki-laki sosok kebapakannya akan disorot, seperti apa keluarganya, harmoniskah, penuh rasa sayangkah ke istri dan anaknya,” ujarnya.

Ia lantas memberikan contoh dengan sosok Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Menurutnya, Presiden ke-6 RI tersebut juga menjadi idola ibu-ibu.

“Karena pada dasarnya, perempuan ternyata tidak memilih calon perempuan. Data empirik ini ditunjukkan dari pengalaman pemilu selama ini yaitu calon perempuan belum tentu dipilih oleh pemilih perempuan,” ujarnya.

Adapun dalam survei Litbang Kompas ditemukan sebanyak 36,6 persen pemilih perempuan memilih Ganjar, 30,5 persen memilih Prabowo, 23,2 persen memilih Anies dan 9,7 persen responden memilih tidak menjawab.

Survei tersebut dilakukan sepanjang 27 Juli hingga 7 Agustus 2023 dengan melibatkan 1.364 responden di 38 provinsi. Responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat.

Adapun tingkat kepercayaan survei 95 persen, margin of error lebih kurang 2,65 persen.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini