Beranda Peristiwa Peneliti Bingung Ada Tanda Baru Kiamat Muncul dari Bawah Antartika

Peneliti Bingung Ada Tanda Baru Kiamat Muncul dari Bawah Antartika

Foto: Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency

Fenomena aneh muncul di Antartika yang membuat para peneliti bertanya-tanya. Hanyutan Angin Barat atau disebut Antarctic Circumpolar Current (ACC) kini mencapai puncak arus terkencang sepanjang masa, seiring dengan kenaikan temperatur Bumi.

ACC merupakan arus air laut terbesar di dunia yang arahnya bergerak searah jarum jam jika dilihat dari Kutub Selatan, dari arah barat ke timur di sekitar Antartika. Kekuatan arusnya setara dengan semua arus sungai yang ada di muka Bumi.

Kekuatan arus ACC memang tercatat fluktuatif sejak 5,3 juta tahun lalu. ACC sendiri memegang peran penting, karena dinilai sebagai salah satu ‘penjaga’ temperatur Bumi tetap dingin.

Namun, kencangnya ACC turut berdampak pada kekuatan angin yang makin kuat. Bahkan, peningkatannya mencapai 40% di Kutub Selatan.

Meski peran ACC selama ini adalah menjaga suhu Bumi tetap dingin, tetapi arusnya yang terlalu kencang menciptakan energi berlebih. Alhasil, arus air yang dibawa angin kencang mampu berdampak pada es di ujung Kutub Selatan.

“Jika Anda meninggalkan es batu di udara, butuh waktu lebih lama untuk mencair,” kata seorang peneliti, Dr Gisela Winckler, dalam pernyataan resminya seperti melansir CNBC Indonesia, Selasa (2/4/2024).

“Jika Anda meletakkan es batu di air hangat, proses mencairnya akan lebih cepat,” kata dia.

Peneliti ingin menyelidiki apakah angin yang lebih kencang turut dipengaruhi pemanasan global akibat aktivitas manusia. Untuk menjawabnya, beberapa tim peneliti dari berbagai negara menelusuri sejarah ACC melalui inti sedimen yang terbenam di dasar samudra.

Inti sedimen ini sulit dikumpulkan, sebab medannya menantang bagi para penyelam. Namun, para peneliti berhasil mengumpulkan beberapa sampel.

Dari situ diketahui bahwa ketika ACC lebih lambat, partikel kecil mendominasi sedimen. Namun, ukurannya jadi lebih besar ketika arus makin kencang.

Jutaan tahun lalu, ACC makin kuat ketika temperatur Bumi lebih dingin. Namun, 800.000 tahun terakhir, ACC makin kuat ketika suhu Bumi memanas.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini