Beranda Gaya Hidup Pendidikan Kamu Tak Cukup? Kuasai Soft Skill Ini Supaya Sukses

Pendidikan Kamu Tak Cukup? Kuasai Soft Skill Ini Supaya Sukses

Ilustrasi - foto istimewa gobagi.com

Banyak lapangan pekerjaan yang tersedia, namun terkadang masih sulit menemukan pekerjaan. Penyebabnya, tenaga lokal diklaim belum kompeten.

“ Kesempatannya ada, tapi kesiapan kompetensinya belum sesuai yang diharapkan industri,” kata praktisi ketenagakerjaan, Mutiara Pratiwi seperti dikutip dari dream.co.id.

Sayangnya, kata Mutiara, kompetensi yang kurang ini tak hanya terjadi pada orang-orang yang berpendidikan minim, tetapi juga lulusan D-3 dan S-1.

” Yang dilihat bukan hanya lulusannya apa, tapi kualitasnya bagaimana. Bisa jadi, karena enggak kreatif dan enggak peka dengan lingkungan sekitar,” kata dia.

Mutiara memaparkan hasil riset World Economic Forum bahwa kemampuan yang dibutuhkan di masa depan adalah berpikir kritis, kreatif dan kolaboratif. ” Jadi yang dibutuhkan bukan hanya kemampuan teknis,” kata dia.

Kurangnya kompetensi ini, kata Mutiara, disebabkan oleh akses pendidikan yang minim, skala ekonomi yang timpang, dan dukungan dari lingkungan yang rendah.

Untuk menanganinya, diperlukan pemberdayaan dan pendampingan dari lingkungan.

“Pertama, pemberian akses pendidikan yang bisa dilakukan oleh siapapun, tidak harus pemerintah. Lalu, lakukan pendampingan supaya punya harapan untuk belajar,” kata dia.

Cara ini, menurut dia, tidak serta-merta bisa langsung terlihat dampaknya. Dampaknya akan terlihat satu dua tahun mendatang.

“Tapi, saya optimistis, dengan adanya kolaborasi, impact-nya akan terasa,” kata dia. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini