Beranda Peristiwa Pendaki Asal Kabupaten Tangerang Meninggal di Gunung Lawu

Pendaki Asal Kabupaten Tangerang Meninggal di Gunung Lawu

Evakuasi korban meninggal dunia di Gunung Lawu. (Dok. Basarnas)

 

TANGERANG – Yusuf (40), seorang pendaki asal Kabupaten Tangerang meninggal dunia akibat mempunyai penyakit hipotermia, di Gunung Lawu, Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, pada Sabtu (26/2/2022).

“Karena terjebak hujan deras korban mengalami hipotermia di Pos 4 Gunung Lawu,” ujar Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto dalam keterengan tertulis yang diterima Bantennews.co.id, Selasa (1/3/2022).

Dijelaskan Heru, korban bersama 100 orang pendaki asal Semarang melakukan pendakian Gunung Lawu via Cemoro Kandang untuk melaksanakan ritual, Sabtu (26/2/2022) sekitar pukul 09.00 WIB.

Namun sayang, Korban terjebak hujan antara pos 3 sampai 4. Karena kedinginan, korban mengalami kelelahan saat akan melanjutkan perjalanan ke puncak bersama rombongan.

Korban akhirnya ditinggal di warung yang berada di pos 4. Sementaea rombongan lainnya tetap melanjutkan perjalanan menuju puncak Gunung Lawu.

Pada Minggu (27/2/2022) pukul 19.30 WIB rekan korban yang baru selesai ritual menjemput korban.

Namun karenakan kelelahan dan tak mampu turun, rekan korban minta bantuan ke tim SAR untuk evakuasi korban turun. “Satu tim rescue pos SAR Solo diterjunkan melaksanakan evakusi,” terang dia.

Tim SAR gabungan berangkat dari Base Camp Cemoro Kandang menuju pos 4, Senin (28/2/22) sekitar pukul 06.00 WIB.

Perjalanan menuju ke pos 4 membutuhkan waktu sekitar 6 jam. Namun saat sampai di lokasi, korban sudah tidak bernyawa.

“Korban berhasil dievakuasi tim SAR gabungan namun dalam keadaan meninggal dunia pada Senin (28/7/22) pukul 12.37 WIB,” paparnya.

Setelah dievakuasi korban dibawa ke Puskesmas Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, untuk pemeriksaan lebih lanjut. (Ihy/Red)