Beranda Nasional Pendaftaran Program Kartu Prakerja Resmi Dibuka, Jaring 164 Ribu Pekerja

Pendaftaran Program Kartu Prakerja Resmi Dibuka, Jaring 164 Ribu Pekerja

Ilustrasi - foto istimewa detik.com

SERANG – Pemerintah resmi membuka pendaftaran Program Kartu Prakerja pada Sabtu (11/4/2020) ini. Pemerintah akan menampung 164 ribu peserta yang lolos dalam pendaftaran gelombang pertama.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menuturkan pendaftaran bisa dilakukan dengan cara mengunjungi situs resmi khusus program Kertu Prakerja. Pendaftaran dibuka setiap hari selama 24 jam penuh.

“Program Kartu Prakerja ini dapat diakses melalui situs www.prakerja.go.id secara online,” kata Airlangga melalui siaran langsung akun Youtube Kemenko Perekonomian.

Teknis dari penerimaan peserta Pra Kerja itu akan dibagi per gelombang. Pendaftaran gelombang pertama akan digelar mulai Sabtu ini hingga Kamis 16 April 2020 pukul 16.00 WIB.

Gelombang pertama akan merekrut 164 ribu peserta. Kalau gelombang pertama sudah ditutup, maka masyarakat yang belum mendaftar ataupun yang belum diterima masih bisa mencoba di gelombang berikutnya.

Bagi peserta yang lolos pada gelombang pertama akan diumumkan pada Jumat, 17 April 2020. Apabila lolos, maka pihaknya akan melakukan pendataan bagi peserta tersebut. Setelah itu peserta bisa langsung membeli pelatihan yang diinginkan di berbagai platform seperti Tokopedia, Ruangguru, Mau Belajar Apa serta platform lainnya.

“Pembayaran nanti menggunakan fasilitas yang diberikan Kartu Pra Kerja yaitu kode unik 16 angka. Jadi kartu pra kerja ini bentuknya bukan kartu fisik tapi ini kartu yang bisa diakses melalui online,” ungkapnya.

Kemudian syarat bagi masyarakat yang berminat mengikuti program pra kerja ialah Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia di atas 18 tahun, tidak sedang sekolah atau kuliah, yang belum mendapatkan pekerjaan dan masyarakat yang terdampak akibat pandemi virus Corona (Covid-19).

Dengan adanya masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, Program Kartu Pra Kerja juga dijadikan instrumen untuk menyalurkan bantuan sosial atau jaring pengaman sosial.

“Kami juga mengajak para pekerja yang dirumahkan atau kehilangan pekerjaan dan para pelaku usaha mikro maupun kecil UMKM yang tutup usaha karena dampak pandemi Covid-19,” ujarnya.

Bagi masyarakat yang mengalami kesulitan dalam melakukan pendaftaran, ada call center yang bisa dihubungi 021-25541246 setiap Senin hingga Jumat mulai pukul 08.00 hingga 19.00 WIB. Selain itu masyarakat juga bisa mengajukan pertanyaan melalui email resmi yakni info@gmail.co.id.

Berita ini adalah program kemitraan dengan suara.com

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini