Beranda Pendidikan Pencegahan Dini DBD, Puskesmas Sukamulya Edukasi Sekolah Dasar

Pencegahan Dini DBD, Puskesmas Sukamulya Edukasi Sekolah Dasar

Puskesmas Sukamulya menggelar edukasi Cegah DBD ke Sekolah Dasar - foto istimewa

KAB. TANGERANG – Dalam rangka melakukan pencegah dini penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Puskesmas Sukamulya menggelar edukasi Cegah DBD ke Sekolah Dasar (SD).

Kegiatan ini dilaksanakan secara terus-menerus untuk melakukan pencegahan sedini mungkin penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegpti. Jenis nyamuk ini memang diketahui membawa Virus Dengue penyebab DBD.

Kepala Puskesmas Sukamulya, Eko Hartati mengatakan petugas Puskesmas Sukamulya telah melakukan kegiatan edukasi di 6 lingkungan SD, yaitu di SDN Kaliasin 1, SDN Benda 2, SDN Bunar 1, SDN Bunar 2, SDN Sukamulya 1, dan SDIT Bina Insani.

“Kegiatan ini menjadi salah-satu cara untuk mencegah kembang-biak nyamuk penyebar virus tersebut secara dini,” kata drg Eko pada Selasa (17/01/2023).

Ia mengungkapkan, edukasi ini dilakukan dengan cara melakukan pengenalan kepada para murid SD kelas 5 dan 6 dengan metode menggunakan Video Animasi nyamuk. “Hal ini untuk dapat memudahkan para murid mengenal dan mengingat,” tambahnya.

Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini para murid dapat mengetahui bahaya nyamuk penyebab DBD. Sehingga para murid ini nantinya dapat melakukan pencegahan agar terhindar dari penyakit DBD.

“Diharapkan para murid peserta edukasi ini bisa mengajak teman-teman, saudara-saudaranya, dan orangtuanya untuk melakukan pemberantasan sarang dan sarang nyamuk di lingkungan sekolah maupun rumahnya,” ujarnya.

(Ril/Red)