Beranda Peristiwa Pencarian 3 Warga China yang Tenggelam di Pulau Sangiang Dihentikan

Pencarian 3 Warga China yang Tenggelam di Pulau Sangiang Dihentikan

Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

CILEGON – Badan Sar Nasional (Basarnas) Provinsi Banten menghentikan pencarian tiga warga China yang tenggelam di Pulau Sangiang sejak Minggu, 3 November 2019 lalu. Namun, Basarnas akan tetap memantau area tersebut.

Pencarian dihentikan setelah tim SAR gabungan memperpanjang waktu pencarian selama 6 hari. Hasil dari pencarian itu nihil. Satu orang diduga korban tenggelam ditemukan di perairan Bengkunat, Pesisir Barat Lampung oleh nelayan.

“Untuk operasi SAR secara langsung tidak dilakukan. Hanya pemantauan dan melibatkan potensi SAR seperti nelayan atau kapal yang melintas di perairan sekitar,” kata Kepala Kantor Basarnas Banten Zaenal Arifin kepada wartawan, Jumat (15/11/2019).

Personel tim SAR gabungan mulai hari ini kembali ke markas masing-masing. Posko gabungan di Pelabuhan Merak juga dibubarkan. Basarnas hanya melakukan pemantauan dan menunggu informasi dari masyarakat sekitar pesisir Banten dan Lampung.

“Untuk pemantauan kita tidak membatasi waktu misalnya ada informasi ditemukan kita akan kembali melakukan operasi SAR,” ujarnya dilansir detik.com.

Zaenal melanjutkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Basarnas di seluruh wilayah Pulau Sumatera untuk melakukan pemantauan. Apabila ada tanda-tanda penemuan, maka Basarnas akan langsung mengevakuasi.

“Selanjutnya pemantauan dan pelaksanaan operasi SAR akan dilaksanakan oleh Basarnas Banten atau SAR Lampung dan diteruskan ke SAR di pesisir Sumatera,” tuturnya.

Sebelumnya, sesosok mayat ditemukan di perairan Teluk Bangkunat Pekon Kota Jawa, Kecamatan Bangkunat, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Korban diduga seorang WNA bernama Bing Yang Wang.

“Korban diduga salah satu korban dari 3 orang yang hilang tenggelam di Pulau Sangiang, Banten pada 3 November 2019,” jelas Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad dalam keterangannya, Selasa (12/11/2019).

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ