Beranda Hukum Pencabulan Anak Marak, Kapolres Serang Imbau Para Orangtua Awasi Anaknya

Pencabulan Anak Marak, Kapolres Serang Imbau Para Orangtua Awasi Anaknya

Kapolres Kota Serang AKBP Maruli Ahiles Hutapea

SERANG – Kasus pencabulan yang melibatkan anak-anak kerap terjadi di wilayah hukum Polres Serang Kota. Hal ini membuat para orangtua harus lebih mengawasi anak-anak mereka.

Kapolres Kota Serang AKBP Maruli Ahiles Hutapea mengatakan pengawasan anak sangat penting dari orangtua agar anak-anak tidak menjadi pelaku ataupun korban dari pencabulan. Paling tidak orangtua harus memastikan bahwa anaknya sudah paham bagian tubuh mana saja yang tidak boleh disentuh oleh selain ibunya. Kemudian anak juga harus mengerti mana sentuhan nakal atau sentuhan wajar oleh orang di sekitarnya.

Untuk itu, perlu adanya pengawasan terhadap keluarga. Kemudian lingkungan dan masyarakat sekitarnya baik dilingkungan bermain maupun lingkungan sekolah.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada seluruh orangtua agar selalu waspada dan mengawasi anak-anaknya saat bermain gadget, dan juga kepada semua pihak agar selalu peka terhadap masalah kasus-kasus tersebut.

“Orangtua juga perlu menumbuhkan sikap kritis terhadap anak mengenai dampak negatif daripada gadget. Anak-anak perlu didampingi untuk memilih aplikasi atau konten sesuai minat dan bakat serta usia anak,” ucapnya, Selasa (9/11/2021).

Kemudian, pihaknya mengajak semua elemen masyarakat untuk peduli terhadap kasus ini, serta segera laporkan kepada pihak yang berwenang supaya cepat ditangani.

“Jadi semua pihak harus bergerak bersama saling bahu-membahu bagaimana caranya memberikan edukasi kepada warga,” ujarnya.

“Kami juga Polres Serang Kota Polda Banten akan terus meningkatkan sosialisasi dan imbauan Kamtibmas di wilayah kami agar dapat mencegah terjadinya kasus cabul dan pelecehan seksual di tengah masyarakat,” ucapnya. (Dhe/Red)