Beranda Nasional Penanganan Covid-19, Tahun Ini Pemerintah Alokasi Dana Rp699 Triliun

Penanganan Covid-19, Tahun Ini Pemerintah Alokasi Dana Rp699 Triliun

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin - foto istimewa

SERANG – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin mengungkapkan bahwa untuk mengatasi persoalan Covid-19 pemerintah telah mengambil langkah seperti refocussing dan realokasi APBN tahun 2020-2021.

Pada tahun 2020 pemerintah telah menyediakan tidak kurang Rp 695 triliun untuk penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Untuk tahun 2021 pemerintah mengalokasikan Rp 699 triliun. Lebih dari separuh alokasi dana tersebut diperuntukkan bagi bantuan sosial rumah tangga dan bantuan untuk usaha mikro dan kecil.

Di bidang kesehatan pemerintah juga telah menerapkan kebijakan PSBB, kemudian PPKM dan PPKM di tingkat mikro. Penerapan protokol kesehatan dengan Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak (3M) yang disertai dengan Menghidari kerumunan dan Mengurangi mobilitas.

“Disamping itu pemerintah juga menerapkan kebijakan 3T yaitu Testing, Tracing, dan Treatment serta menyediakan fasilitas kesehatan untuk perawatan maupun isolasi bagi mereka yang tertular,” ujarnya dikutip melalui media sosial resminya, Minggu (21/3/2021).

Langkah terakhir yang sedang dilakukan, lanjut Wapres, adalah vaksinasi masal dengan target 70% dari populasi atau sekitar 181,5 juta penduduk untuk membangun kekebalan komunitas (Herd Immunity).

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini