Beranda Nasional Penambahan Anggaran Kementan Rp4,19 Triliun untuk Ketersediaan Pangan dan Padat Karya

Penambahan Anggaran Kementan Rp4,19 Triliun untuk Ketersediaan Pangan dan Padat Karya

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo

JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyetujui Anggaran Belanja Tambahan (ABT) untuk Kementerian Pertanian (Kementan) sebesar Rp4,19 triliun dari kebutuhan yang diajukan sebesar Rp8,4 triliun. Anggaran itu nantinya akan dipergunakan untuk berbagai kegiatan utama pada lingkup eselon 1 Kementan. Di antaranya peningkatan ketersediaan pangan nasional.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam rapat kerja bersama Komisi IV DPR RI pada Kamis (8/4/2021) lalu mengatakan bahwa ABT Kementan secara rinci digunakan pada kegiatan peningkatan ketersediaan pangan sebesar Rp3,42 triliun dan kegiatan padat karya sebesar Rp771, 25 miliar.

“Selanjutnya anggaran belanja tambahan Rp4,19 triliun itu digunakan untuk anggaran belanja Dirjen Tanaman Pangan sebesar Rp1,95 triliun dan Dirjen Hortikukultura sebesar Rp38,03 miliar,” ujar Mentan Kamis siang.

Selain itu, alokasi tambahan ini juga digunakan pada Dirjen Perkebunan sebesar Rp337,31 miliar, Dirjen peternakan sebesar Rp615,31 miliar, Dirjen PSP sebesar 890,22 miliar, Balitbangtan sebesar Rp234,20 miliar dan BPPSDMP sebesar Rp128,25 miliar.

Adapun untuk implementasi kegiatan utamanya ialah meningkatkan komoditas tanaman pangan seperti padi, jagung dan kedelai (Pajale) serta kegiatan perkebunan seperti perluasan dan peningkatan komoditas buah kelengkeng, tebu dan kopi.

Kemudian, kata Mentan, alokasi tersebut digunakan juga pada kegiatan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan melalui peningkatan komoditas susu perah, peningkatan produksi daging sapi, daging itik dan kerbau.

“Yang kelima kami tingkatkan Alsintan dan padat karya, lalu inovasi teknologi, riset dan pengembangan inovasi kolaboratif serta dukungan pengawalan dan pendampingan kepada penyuluh,” tutupnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini