Beranda Kesehatan Pemudik Pulang ke Tangsel Bakal Dites Swab

Pemudik Pulang ke Tangsel Bakal Dites Swab

TANGSEL – Arus balik pemudik ke Kota-Kota Besar termasuk Tangerang Selatan (Tangsel) tengah berlangsung sampai saat ini, Selasa (18/5/2021).

Dalam mengantisipasi terjadinya penularan Covid-19, pihak Polres Tangsel bekerja sama dengan pemerintah setempat melakukan jemput bola kepada warga yang balik ke Tangsel untuk dilakukan tes Swab.

Sembari membawa ‘pocong’ sebagai simbol Covid-19 mematikan, pihak kepolisian kali ini mendatangi 2 rumah warga di RT.11, RW.3, dan RT.16, RW.4, Kelurahan Setu, Tangsel.

“Selain Posko stasioner yang dibangun, kami juga secara aktif melakukan swab antigen door to door terhadap pemudik yang sudah kembali,” ujar Kapolres Tangsel AKBP Iman Imannudin di Kelurahan Setu, Senin (17/5/2021).

Dijelaskan Iman, warga yang menjadi sasaran tes Swab itu merupakan warga yang lolos saat penyekatan mudik, dan sebelumnya sudah didata oleh Bhabinkamtibmas.

“Sebelumnya Bhabinkamtibmas kami sudah melakukan pendataan warga yang mudik sehingga kami sudah memiliki data tersebut. Bagi masyarakat yang diketahui sudah kembali dari mudik namun belum melakukan swab di posko yang telah kami bangun, kami mendatangi kediaman yang bersangkutan untuk dilakukan swab,” jelasnya.

Iman menyampaikan pelaksanaan tes swab dari rumah ke rumah dilakukan untuk memutus mata rantai Covid-19 agar tidak ada kasus baru di wilayahnya. Dia menyebut tes swab door to door ini akan dilakukan selama sepekan ke depan sesuai dengan perintah Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.

“Hal ini kami lakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dan menghindari terjadinya cluster baru. Selain itu, hal ini juga menjadi bukti nyata bahwa negara hadir di tengah-tengah masyarakat dalam upaya menanggulangi pandemi Covid-19,” ucapnya.

“Berdasarkan perintah Pak Kapolda Metro Jaya kami lakukan sampai 24 Mei, semua penyekatan juga dan pos pengamanan kami lakukan sampai 24 Mei,” pungkasnya. (Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini