Beranda Peristiwa Pemudik di Pelabuhan Merak Mulai Menggeliat, 22 Ribu Orang Menyeberang ke Sumatera

Pemudik di Pelabuhan Merak Mulai Menggeliat, 22 Ribu Orang Menyeberang ke Sumatera

79
0
Ilustrasi - foto istimewa info mudik gratis

MERAK – Arus mudik 2018 sudah mulai bergeliat. Itu terlihat dari para pemudik sudah mulai memadati Pelabuhan Merak yang hendak menyeberang ke Sumatera sejak, Jumat (8/6/2018) malam. Sebanyak 22.101 pemudik tercatat telah menyeberang.

Menurut data yang didapatkan dari PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, penumpang pejalan kaki sebanyak 3.600 dan penumpang dalam kendaraan sebanyak 18.501 orang.

Kendaraan sepeda motor sebanyak 543 unit dan kendaraan roda 4 sebanyak 2.212 unit, yang terdiri atas kendaraan penumpang serta kendaraan barang. Sementara itu, untuk kendaraan roda empat atau lebih, PT ASDP telah menyeberangkan 3.400 unit kendaraan.

Total secara keseluruhan, jumlah kendaraan yang meninggalkan Pulau Jawa sebanyak 3.943 unit terhitung pada Jumat (8/6/2018) pukul 08.00-20.00 WIB.

Jumla ini diperkirakan akan terus bertambah hingga mendekati Idul Fitri mendatang.

Sekretaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono memprediksi arus lalu lintas di Pelabuhan Merak akan terus meningkat hingga mendekati Lebaran.

“Kita sudah menetapkan posko nasional itu kemarin hari Kamis. Ini hari kedua dan diduga akan ada peningkatan volume lalu lintas dan ini sudah diantisipasi dengan tadi, perbaikan-perbaikan dan penambahan-penambahan (fasilitas),” katanya di Pelabuhan Merak, Banten. (Man/detik.com/Red)