Beranda Pemerintahan Pengelolaan Banten Lama Oleh Pemkot Serang Tunggu Revitasilasi Tuntas

Pengelolaan Banten Lama Oleh Pemkot Serang Tunggu Revitasilasi Tuntas

Proses revitalisasi kawasan Banten Lama. (Wahyu/bantennews)

SERANG – Gubernur Banten Wahidin Halim mengaku tidak akan serta merta menyerahkan pengelolaan Banten Lama kepada Pemkot Serang. Pihaknya beralasan akan menuntaskan revitalisasi kawasan bersejarah tersebut hingga tuntas sebelum menyerahkan pengelolaan kepada pihak Pemkot Serang.

“Kami akan tata dulu, baru nanti kita buat (kesepakatan) siapa yang nanti pengelolanya. Tentu dengan memperhatikan peraturan yang ada di sini. Karena kami bukan hanya melakukan pembenahan secara fisik namun struktur pengelolaannya,” kata Gubernur Banten Wahidin Halim usai menghadiri pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Serang terpilih di Alun-alun Banten Lama, Kota Serang, Banten, Rabu (5/12/2018).

Pihaknya menargetkan revitalisasi Banten Lama selesai dua tahun. Pemprov Banten sendiri mengalokasikan anggaran total Rp220 miliar untuk revitalisasi Banten Lama dalam waktu selama 3 tahun ke depan.





Sebelumnya Pemkot Serang selaku leading sector revitalisasi Banten Lama mengajukan anggaran sebesar Rp280 miliar. Setelah dilakukan penghitungan kembali, Pemprov Banten menyepakati kebutuhan anggaran untuk kepentingan revitalisasi Banten Lama maksimal Rp220 miliar.

Pemprov Banten mengambilalih pekerjaan pembangunan revitalisasi Banten Lama yang sebelumnya menjadi kewenangan Pemkot Serang. Hal itu dilakukan sesuai dengan rekomendasi dari Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selaku pihak yang berwenang terkait dengan revitalisasi cagar budaya. (you/red)