Beranda Peristiwa Pemprov Tak Bisa Cegah Pengerukan Pasir Laut PT Lotte Chemical

Pemprov Tak Bisa Cegah Pengerukan Pasir Laut PT Lotte Chemical

Ilustrasi. (Googleimages)

CILEGON – Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Banten, Husni Hasan menyatakan pihaknya tidak bisa mencegah wacana pengerukan pasir laut oleh PT Lotte Chemical Indonesia jika perusahaan asal Korea Selatan itu telah mengantongi perizinan.

Sebab itu, pihaknya menyarankan kepada perusahaan agar mengeruk pasir di lokasi yang berizin.

“Kalau kita itu merekomendasikan bahwa sumber material pasir laut yang dipakai untuk menguruk harus bersumber dari yang berizin. Itu saja,” ujar Husni Hasan, Kamis (18/7/2019) lalu.

Sebab itu, kata dia, untuk pengerukan pasir laut harus benar-benar mengantongi perizin secara utuh. “Jadi kalau dia menggunakan kuari, misalkan milik orang, kuari itu harus berizin,” terangnya.

Dia menyatakan pihaknya tidak akan melakukan kajian ulang terkait pengerukan pasir laut PT Lotte Chemical Indonesia. Sebab menurutnya, perusahaan petrokimia tersebut sudah mempunyai kajian.

“Karena dia saat meminta izin menggali di sana itu sudah punya kajian sebetulnya. Jadi kita gak mengulang lagi itu,” ucapnya.

Sementara itu, Presiden Direktur Lotte Chemical Indonesia, Kim Yong Ho menyatakan seluruh perizinan sudah dimiliki baik Amdal, perizinan lahan dan lain sebagainya. “Hanya tinggal satu perizinan saja yang belum, soal pengerukan pasir dari Kemenhub,” ujarnya.

Dia menyatakan bahwa wilayah pengerukan pasir laut hanya akan dilakukan di sekitar kawasan pabrik, dimana di pesisirnya akan dibangun dermaga.

“Kita tidak mengeruk pasir di wilayah lain. Kita hanya akan mengeruk di sekitar dermaga yang akan kita bangun. Kita kan mau bangun dermaga, dermaga itu kan harus dilalui kapal, kapal yang ukurannya besar harus ada area manuver, otomatis kalau kedalaman sekarang hanya 14 meter dan sedangkan aturannya harus 20 meter, otomatis harus di sedot pasirnya, jadi kita sedot di daerah pantai yang akan dibuat dermaga itu,” terangnya.

Dia menambahkan bahwa pengerukan pasir bakal dilaksanakan secepatnya. Sebab, segala persiapan sudah dilakukan. “Pasir laut ini untuk pematangan lahan kita ya. Proses secepatnya ya,” imbuhnya. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniÂ