Beranda Pemerintahan Pemprov Jangan Gegabah Selamatkan Kasda dan Bank Banten Secara Bersamaan 

Pemprov Jangan Gegabah Selamatkan Kasda dan Bank Banten Secara Bersamaan 

Suasana paripurna pandangan fraksi-fraksi atas nota pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD Perubahan 2020 di DPRD Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Rabu (29/7/2020). (Mir/BantenNews.co.id)

SERANG – Fraksi Golkar DPRD Banten meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk tidak gegabah dalam memikirkan opsi penyelamatan Bank Banten dan kas daerah (Kasda) secara bersamaan dengan mekanisme Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 33 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kewenangan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dalam rangka melaksanakan langkah-langkah penanganan stabilitas sistem keuangan.

Hal itu disampaikan juru bicara Fraksi Golkar, Kuswarsa dalam paripurna dengan agenda pandangan fraksi-fraksi atas nota pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD Perubahan 2020 di DPRD Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Rabu (29/7/2020).

“Kami menilai, jika penyertaan modal dilakukan saat ini, tidak memenuhi kebutuhan penyehatan bank, bahkan akan memperbanyak daftar kerugian Pemerintah Provinsi Banten yang diakibatkan dari pengelolaan dan kondisi Bank saat ini. Perlu kita ketahui bersama, bahwa kondisi Bank Banten saat ini ditetapkan sebagai Bank Dalam Pengawasan Khusus (BDPK) oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” jelas Kuswarsa.

Lebih lanjut, Kuswarsa menuturkan, dalam hal penambahan penyertaan modal Daerah ke dalam modal saham PT Banten Global Development (BGD) untuk PT.Bank Pembanguanan Daerah (BPD) Banten Tbk, Fraksi Golkar persoalan mendasar yang terjadi adalah krisis likuiditas.

“Selain karena kondisi bank yang telah tidak sehat sejak awalnya, terpuruknya Bank Banten diduga karena buruknya pengelolaan bank, mulai dari kerugian, non perform loan(NPL), pembelian surat berharga yang ceroboh, relokasi kantor yang inefesien, dan lain sebagainya,” tuturnya.

Oleh karena itu, lanjut Kuswarsa, Fraksi Golkar berpandangan bahwa, perlu dilakukan audit terpercaya dalam rangka mengidentifikasi permasalahan mendasar dari manajemen Bank Banten. Bukan sebaliknya yang justru menambahkan penyertaan modal kepada PT. Bank Banten.

(Mir/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini