Beranda Pemerintahan Pemprov Banten Dinilai Sudah Mampu Menata Transportasi Publik

Pemprov Banten Dinilai Sudah Mampu Menata Transportasi Publik

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi - foto istimewa tempo.co

SERANG – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menganugerahkan Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) kepada sejumlah pemerintah provinsi, kabupaten dan kota. Dalam penghargaan ini Provinsi Banten masuk dalam slah satu kategori, sementara Kabupaten/Kota di Banten tak ada satupun yang masuk dalam nominasi.

Para pemenang dinilai telah mampu menata transportasi publik dan lalu lintas di daerahnya dengan baik.

“Ini adalah upaya apresiasi dari pemerintah pusat kepada pemerintah provinsi, kota dan kabupaten serta operator yang telah memenuhi kriteria-kriteria dalam memfasilitasi layanan transportasi yang baik bagi masyarakat,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta Convention Centre, Minggu (15/9/2019).

Menurut Budi ini merupakan momen penting dalam rangka menyongsong Indonesia unggul dan maju terutama dalam hal transportasi darat. Ia berharap dengan adanya WTN ini dapat mendorong daerah-daerah lain untuk membangun sistem transportasi yang terintegrasi guna mendorong perekonomian daerah.

“Secara umum kita ingin sekali bahwa angkutan transportasi ini lebih baik, kita punya keinginan menjadikan transportasi itu mudah, cepat dan murah, dan juga diikuti dengan ramah lingkungan,” tuturnya dikutip dari detik.com.

Budi mengatakan untuk mendapatkan hasil yang baik tersebut perlu adanya kolaborasi antarsemua stakeholder. Dirinya pun meminta kepada semua pemerintah daerah untuk berkolaborasi mendukung program-program pemerintah dalam rangka menciptakan layanan transportasi yang baik ini.

Sebagai informasi, Penghargaan WTN ini diberikan langsung oleh Budi kepada pemerintah daerah yang dibagi dalam tiga kategori. Pertama Piala Wahana Tata Negara dengan Catatan, Kedua Piala Wahana Tata Negara Tanpa Catatan, Ketiga Piala Tata Negara Wirata. Berikut informasi peraih penghargaan WTN 2019 ini

Piala Wahana Tata Negara dengan Catatan diraih oleh Kab Probolinggo, Kab Pacitan, Kab Tanah Laut, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tuban, Kab Jembrana, Kab Agam, Kab Hulu Sungai Selatan, Kota Binjai, Kab Sampang, Kab Batang, Kab Jepara,Kab Gresik, Kab Blitar, Kab Kutai Kartanegara, Kab Malang, Kota Bitung, Kab Pasuruan, dan Kab Kuningan.

Selanjutnya, Piala Wahana Tata Nugraha dengan Catatan di raih oleh Kab Seragen, Kab Kendal, Kab Sumenap, Kab Semarang, Kab Kep Sangihe, Kab Kota Baru, Kab Tabanan, Kab Pariaman, Kab Nganjuk, Kab Banyumas, Kab Pati, Kota Madiun, Kota Medan, Kab Lamongan, Kab Klaten, Kab Kediri, Kab Belitung, Kota Kediri, Kab Pasaman.

Adapun Piala Wahana Tata Nugraha Tanpa Catatan di raih oleh Kota Yogyakarta, Kota Malang, Kota Semarang, Kota Pekalongan, Kota Surabaya, Kota Bandung, Kota Denpasar, Kabupaten Banyuwangi, Kota Sukabumi, Kota Balikpapan, Kota Magelang, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Jember, Kota Blitar, Kota Surakarta, Kota Bogor, Kota Probolinggo, Kota Jambi, Kota Depok, Kota Salatiga, Kabupaten Purbalingga, Kota Banjar Baru, Kabupaten Banjar, Kota Mojokerto, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Badung, Kab Wonogiri, Kota Padang Panjang, Kota Palembang, Kab Ciamis, Kota Banjarmasin, Kab Lumajang, Kota Samarinda, Kab Panyakumbuh, Kabupaten Bandung, Kota Cirebon, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Kudus.

Sementara Piala Warga Tata Nugraha Wiratama diraih oleh Provinsi Jawa Timur, Jambi, Bali, DIY Yogyakarta, Kalimantan Selatan, Jawa Tengah, Kep Bangka Belitung, Jawa Barat, Prov Kalimantan Timur, Sumatera Barat, Sumatra Selatan, Prov Sulawesi Utara, Provinsi Banten dan Lampung.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ