Beranda Pemerintahan Pemohon KTP di Kota Serang Meningkat Usai Lebaran

Pemohon KTP di Kota Serang Meningkat Usai Lebaran

Antrean pemohon Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) di Kota Serang.

SERANG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang mencatat kenaikan pemohon Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Kenaikan itu mencapai 20 persen setelah Lebaran.

Kenaikan ini diiringi dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Saat ini, Kota Serang menempati posisi kedua dalam penggunaan IKD di Provinsi Banten dengan jumlah pengguna mencapai 15 ribu, hanya kalah dari Tangerang Selatan. Disdukcapil Kota Serang optimis angka ini akan terus meningkat dengan berbagai strategi yang telah disiapkan.

Kepala Disdukcapil Kota Serang, Dul Barid, menjelaskan bahwa salah satu strategi yang dilakukan adalah jemput bola dengan mengunjungi tempat-tempat keramaian, termasuk sekolah. “Selain itu, IKD juga dijadikan program prioritas dengan menekankan masyarakat untuk mengunduh terlebih dahulu IKD sebelum membuat KTP,” ujarnya, Rabu (17/4/2024).

Dul Barid mengungkapkan masih terdapat kendala dalam mendorong penggunaan IKD, yaitu pola pikir masyarakat yang lebih memilih menyimpan identitas secara fisik seperti KTP dibandingkan digital. Kurangnya sosialisasi dari pusat terkait fungsi IKD juga menjadi salah satu faktor.

“Meskipun demikian, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan penggunaan IKD dengan berbagai upaya, termasuk menggencarkan sosialisasi dan memberikan kemudahan akses bagi masyarakat,” ujarnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini