Beranda Sosial Pemkot Tangsel Belum Bentuk Satgas OTT Pembuang Sampah Sembarangan

Pemkot Tangsel Belum Bentuk Satgas OTT Pembuang Sampah Sembarangan

Tumpukan sampah di pinggir jalan. (Ihya/bantennews)

TANGSEL — Sampah kerap terlihay menumpuk di pinggir-pinggir jalan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terutama di Kecamatan Ciputat, Ciputat Timur dan Pondok Aren. Hal ini terjadi karena Pemkot Tangsel belum membentuk Satuan Tugas Operasi Tangkap Tangan (Satgas OTT) para pembuang sampah sembarangan.

Seperti yang dilansir dari akun Instagram Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel, yang di dalamnya banyak memuat foto dan video sampah-sampah bertumpukan di pinggir jalan, bahkan ada pengendara sepeda motor yang hendak membuang sampah seenaknya, namun terlanjur kena OTT oleh pihak DLH.

Saat dikonfirmasi awak media, pihak DLH sendiri membenarkan bahwa di Kota berjuluk Cerdas, Modern, Religius (CMORE) itu memang belum dibentuk Satgas OTT pembuang sampah sembarangan.

“Satuan tugas itu kan gabungan dari Satpol PP, Kejaksaan, Polisi juga, dan lain-lain, itu belum dibentuk. Tapi kalo untuk internal LH sendiri satgas itu sudah dibentuk. Paling kalau dari kita itu tindakannya kalau melihat orang buang sampah sembarang kita ambil KTP-nya terus kita suruh ke kantor, kita tanyakan kenapa kamu buang sampah sembarangan,” ujar Sekretaris DLH Tangsel Yepi Suherman saat ditemui di kantornya, beberapa waktu lalu.

Lanjut Yepi, di dalam revisi perda sudah tercantum untuk pembentukan satgas dari gabungan OPD, Satpol PP, Kejaksaan, Kepolisian, dan lainnya, serta sudah ada punishment dan sanksi (uang paksa) bagi si pelanggrar. Namun sayangnya, menurutnya perda tersebut belum disahkan.

“Yang buang sampah sembarangan di pinggir jalan itu biasanya dan kebanyakan adalah orang jauh yang membuang sampahnya itu dengan mengendarai sepeda motor. Jadi tinggal dilempar aja. Ya doain aja lah semoga cepat selesai untuk satgas ini,” tukasnya. (Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini